5 Keuntungan menjadi orang tua tunggal

Senin, 25 Maret 2013 18:09 Reporter : Kun Sila Ananda
5 Keuntungan menjadi orang tua tunggal Ilustrasi ibu dan anak. ©2012 Shutterstock/Sergej Khakimullin

Merdeka.com - Menjalani peran sebagai orang tua tunggal tentu bukan hal yang mudah. Ada banyak hal yang membuat orang tua tunggal tampak tak sempurna, terutama di mata masyarakat yang menginginkan semua hal serba ideal.

Namun jangan khawatir, karena menjadi orang tua tunggal tak selamanya buruk. Menjadi orang tua tunggal juga bisa memberikan beberapa keuntungan, seperti dilansir oleh Huffington Post (21/03).

1. Tak ada negosiasi
Menjadi orang tunggal berarti semua keputusan mengenai anak ada di tangan Anda. Tak perlu lagi terlalu banyak bertengkar atau beradu pendapat dengan pasangan yang mungkin akan selalu mendebat apa yang Anda inginkan. Melihat orang tua yang selalu bertengkar demi kepentingan mereka akan memberikan suasana yang tak sehat bagi anak.

2. Panutan utama
Orang tua adalah panutan bagi anak saat di rumah. Ketika ibu tak ada, ayah yang akan menjadi panutan. Ketika ayah tak ada, ibu yang akan menjadi panutan. Menjadi orang tua tunggal berarti Anda tak perlu repot mengatur perilaku orang lain agar anak tidak terpengaruh sikap buruk. Anda hanya harus memperhatikan sikap Anda sendiri dan memberikan contoh yang baik pada anak.

3. Banyak pilihan untuk hubungan romantis
Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa pernikahan tak lagi menjadi sebuah keharusan. Pernikahan menjadi sebuah pilihan yang terkadang tak diambil oleh banyak orang. Jika Anda membesarkan anak sebagai orang tua tunggal, baik setelah bercerai atau ditinggal mati oleh pasangan, Anda memiliki lebih banyak kesempatan untuk membentuk hubungan baru dengan orang lain.

4. Menguasai tempat tidur
Ya, memiliki pasangan akan membuat Anda memiliki kehidupan seks, namun tak memiliki pasangan juga memberikan keuntungan lain. Anda bisa menguasai tempat tidur sendirian. Anda tak perlu lagi terganggu dengan kebiasaan tidur pasangan yang tak Anda sukai. Penelitian di National Sleep Foundation menunjukkan bahwa tidur berdua dengan pasangan bisa mengurangi waktu tidur selama 49 menit setiap malam. Anda tak harus mengalaminya.

5. Menjaga kebugaran dan bentuk tubuh
Penelitian menemukan bahwa wanita yang menikah mengalami penambahan berat badan sebanyak lima sampai delapan pon (sekitar dua sampai empat kilogram) dalam jangka waktu satu tahun pernikahan. Setelah itu, berat badan mereka akan bertambah 54 pon (sekitar 24 kilogram) setelah 10 tahun pernikahan. Menjadi orang tua tunggal berarti Anda bisa terus menjaga berat badan dan kebugaran tubuh. Ini mungkin juga bisa jadi cara terampuh untuk menurunkan berat badan tanpa diet.

Kebanyakan orang akan beranggapan bahwa menjadi orang tua tunggal merupakan pekerjaan yang membuat depresi. Mungkin ini benar adanya. Namun dibandingkan bertahan dalam pernikahan yang penuh pertengkaran, yang pada akhirnya juga tak sehat bagi anak, akan lebih baik untuk berpisah dan melakukan yang terbaik untuk anak Anda. [kun]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Wanita Merdeka
  3. Top List
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini