5 hidangan wajib yang bikin lebaran makin afdol

Rabu, 6 Juli 2016 06:00 Reporter : Dwi Ariyani
5 hidangan wajib yang bikin lebaran makin afdol 5 hidangan wajib yang bikin lebaran makin afdol. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com -

Lebaran selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Muslim di seluruh dunia. Selain menjadi ajang berkumpulnya keluarga dan menjalin tali silaturahmi bersama kerabat, Hari Raya Lebaran juga selalu dihiasi dengan aneka hidangan yang lezat. Apa saja ya menu yang selalu ada di meja makan? Simak ulasannya berikut ini.

ketupat

Ini nih makanan yang selalu dicari saat Hari Raya Lebaran tiba. Sebagai pengganti nasi, ketupat merupakan makanan berbahan beras, yang dimasak dalam anyaman daun kelapa muda. Biasanya ketupat akan disajikan sebagai pendamping opor.

opor ayam

Makanan yang wajib ada di saat Hari Raya Lebaran adalah opor ayam. Menu ini berbahan utama daging ayam, santan, dan dimasak dalam campuran rempah-rempah, sehingga bercitarasa gurih. Biasanya opor ayam ini juga dihidangkan bersama sayur labu yang bikin perut terus bergoyang.

Sambal Goreng kentang

Orang Indonesia memang dikenal sebagai pencinta masakan bercitarasa pedas. Salah satunya adalah sambal goreng kentang. Terdiri dari potongan kentang yang dipadu dengan hati dan ampela ayam, kemudian dimasak dengan campuran rempah-rempah dan cabe merah, lalu ditambah dengan irisan petai. Perpaduan rasa manis, pedas, dan gurih ini bikin siapa saja yang menyantapnya merasa ketagihan.

rendang

Walau sering ditemukan di kota manapun di Indonesia, rendang menjadi menu yang menjadi favorit keluarga saat menghadiri acara silaturahmi di Hari Lebaran. Saking nikmatnya, hidangan ini pernah dinobatkan sebagai peringkat pertama 50 Hidangan terlezat di dunia, pada tahun 2011. Pembuatannya membutuhkan waktu yang lama, agar santan yang kaya akan rempah-rempah dapat merasuk ke dalam potongan daging sapi, dan membuatnya empuk.

kue kering

Selain makanan-makanan berat yang sudah disebutkan ini, kudapan manis pun tidak boleh ketinggalan untuk menyambut para tamu. Salah satunya adalah kue kering aneka bentuk dan rasa. Buat penyuka rasa manis ada nastar yang berisi selai manis dan putri salju yang berlumur gula putih halus. Sedangkan bagi pecinta kudapan asin, ada kastengel dan sagu keju yang sama-sama berbahan utama keju.

Nah apapun hidangan favoritmu saat merayakan Hari Lebaran, yuk berbagi bersama teman-teman di social media dengan paket internet terlengkap Freedom Combo dari IM3 Ooredoo. Anda bisa sekaligus bersilaturahmi tanpa harus memikirkan biaya dan batasan waktu.

Lebaran jadi makin seru deh!

[aik]

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini