5 Hidangan Legendaris Khas Indonesia yang Kaya Kandungan Rempah di Dalamnya

Selasa, 17 November 2020 18:20 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Hidangan Legendaris Khas Indonesia yang Kaya Kandungan Rempah di Dalamnya Ilustrasi gudeg. ©iStock

Merdeka.com - Salah satu hal yang khas ketika mencoba beragam masakan asli Indonesia adalah rasa rempah yang muncul dari masing-masing makanan. Hal ini merupakan warisan budaya milik bangsa yang sungguh berharga.

Rempah-rempah hasil bumi Indonesia, begitu terkenal di mancanegara. Keragamannya juga membuat tiap daerah memiliki ciri masakan dengan rasa otentik. Beda tanah, beda rasa rempah yang muncul meskipun jenisnya sama.

Terdapat banyak makanan lezat dengan bumbu rempah yang sangat khas. Namun di antaranya, terdapat lima hidangan legendaris khas Indonesia yang menjadi ikon bangsa. Berikut lima hidangan legendaris kaya rempah asal Indonesia.

Gudeg

Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta yang juga dikenal dengan cara pembuatannya yang rumit. Mirip dengan rendang, dibutuhkan banyak rempah dan waktu memasak yang cukup lama untuk mendapatkan cita rasa uniknya.

Dibuat dengan bahan utama nangka muda. Bumbunya terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri dan ketumbar yang dihaluskan. Setelah itu bumbu ditumis bumbu bersama daun salam, daun jeruk, lengkuas, serai, gula merah, kecap dan garam. Baru kemudian nangka dimasukkan bersama santan, dimasak dengan api sedang selama satu jam hingga airnya menyusut. Biasanya disajikan dengan nasi hangat dan sambal krecek.

Baca Selanjutnya: Rendang...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini