5 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Resign

Kamis, 5 Desember 2019 10:43 Reporter : Tantri Setyorini
5 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Resign Ilustrasi mengundurkan diri. ©Shutterstock

Merdeka.com - Resign dari pekerjaan itu hal yang wajar. Alasannya bisa bermacam-macam. Entah itu karena pekerjaan yang kurang cocok, ingin mencari pengalaman baru, atau rencana hidup lain yang menjadikan mundur dari pekerjaan saat ini sebagai opsi terbaik.

Mengajukan surat pengunduran diri kepada perusahaan juga bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Namun Anda perlu persiapan matang sebelum melakukannya. Ada beberapa hal yan perlu Anda lakukan terlebih dahulu sebelum resign. Berikut ini beberapa di antaranya.

1 dari 5 halaman

1. Pastikan Anda Bisa 'Bertahan Hidup' Setidaknya Sampai Setahun ke Depan

Kadang ada orang yang berniat resign untuk menikmati waktu luang terlebih dahulu atau demi alasan kesehatan. Ada juga yang memutuskan resign sebelum mendapatkan pekerjaan baru. Apapun alasannya, pastikan Anda sudah menyiapkan tabungan yang cukup digunakan untuk membiayai hidup setidaknya selama setahun ke depan.

2 dari 5 halaman

2. Perbarui Resume

Perbarui atau buatlah resume baru. Setidaknya ini bisa jadi bekal bila Anda ingin mencari pekerjaan baru. Selain itu, di sini kita bisa merangkum berbagai potensi terbaik kita selama bekerja. Sehingga ke depannya kita bisa lebih percaya diri dalam mencoba hal baru.

3 dari 5 halaman

3. Cari Mentor Jika Ingin Berbisnis Sendiri

Jika ingin mencoba membangun usaha sendiri, sebaiknya Anda sudah memiliki mentor atau sosok yang bisa dimintai nasihat atau pertimbangan dalam hal ini.

Jika ingin memulai karier baru di bidang berbeda, usahakan sudah ada orang yang bisa Anda jadikan panutan. Menemukan dan memiliki mentor ini perlu dilakukan supaya ke depannya bisa lebih mudah menentukan arah.

4 dari 5 halaman

4. Selesaikan Sisa Pekerjaan Seoptimal Mungkin

Karena sudah mengajukan surat resign, bukan berarti kita bisa bersikap cuek dan masa bodoh dengan sisa pekerjaan yang perlu dikerjakan. Tetap lakukan pekerjaan Anda sebaik dan seoptimal mungkin.

Beri kesan terbaik pada perusahaan dan atasanmu. Ketika hari pertama kerja kita melakukannya dengan baik, maka hari terakhir kerja juga perlu dijalani dengan baik.

5 dari 5 halaman

5. Jaga Hubungan Baik dengan Klien dan Kolega

Kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi ke depannya. Penting untuk tetap menjaga hubungan baik dengan orang-orang yang pernah berkomunikasi dan bekerja sama dengan kita. Bila perlu, luangkan waktu khusus untuk berpamitan baik-baik dengan rekan kerja dan klien.

Itulah hal-hal yang perlu dilakukan sebelum Anda mengajukan permohonan resign.

Reporter: Endah Wijayanti
Sumber: Fimela.com [tsr]

Baca juga:
Inilah Pekerjaan Pertama Sebagian Besar Orang Kaya dan Sukses Dunia
Perhatikan, 4 Hal Ini Bisa Hancurkan Bisnis Anda Dalam Sekejap
Waspada, 4 Hal Ini Menunjukkan Kantor Anda Sudah Tidak Sehat
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Online yang Bakal Menarik Perhatian HRD
Alasan Kenapa Sulit Diterima Saat Melamar Kerja di Perusahaan Besar Versi Jack Ma

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini