5 Hal yang penting untuk dilakukan agar bibir sehat terawat

Senin, 11 September 2017 12:00 Reporter : Tantri Setyorini
5 Hal yang penting untuk dilakukan agar bibir sehat terawat Ilustrasi bibir. ©Shutterstock/aslysun

Merdeka.com - Kunci dari bibir yang indah dipandang adalah kesehatan kulitnya yang senantiasa terjaga. Masalahnya kebanyakan dari kita tidak memberikan perhatian yang cukup kepada bibir. Proses pembersihannya pun biasanya tidak semaksimal bagian wajah yang lain.

Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan bibir, terutama kalau kamu sering mengalami bibir kering dan pecah-pecah.

Bersihkan dengan sempurna

Saat membersihkan makeup dengan cleanser, jangan lupakan bagian bibir. Meskipun lipstik yang kamu kenakan sudah luntur, kemungkinan besar masih ada residu yang perlu diangkat.

Dengan membersihkan bibir dari riasan secara teratur, kita bisa mencegah kulit bibir mengalami kekeringan dan penggelapan.

Eksfoliasi

Lakukan pengangkatan sel kulit mati di area bibir seminggu sekali atau dua minggu sekali jika kulitmu benar-benar sensitif. Dengan cara ini kulit bibir akan senantiasa beregenerasi dan terjaga kesehatannya.

Gula dengan butiran halus bisa menjadi eksfoliator yang baik, karena selain bisa mengangkat kulit mati dengan lembut juga bisa melembapkan secara alami. Kelopak mawar segah yang ditumbuk atau oatmeal juga bisa digunakan sebagai eksfoliator jika kamu malas membeli lip scrub dalam kemasan.

Tetapi jangan sekali-sekali melakukan eksfoliasi saat bibir sedang pecah-pecah.

Jaga kelembapannya

Ada beberapa hal sekaligus yang perlu dilakukan untuk menjaga kelembapan bibir. Hindari lip balm yang mengandung bahan-bahan pengering kulit seperti alkohol atau menthol, terutama jika bibirmu rawan pecah-pecah. Hentikan kebiasaan menjilat bibir, karena bisa menjadikan bibir lebih kering.

Madu bisa menjadi pelembap alami yang baik untuk bibir. Oleskan saja secukupnya sebelum tidur.

Sehatkan dari dalam dengan nutrisi yang baik

Bibir yang kering dan pecah-pecah bisa jadi disebabkan karena nutrisi yang kurang seimbang.

Pastikan makanan yang kamu santap mengandung vitamin, mineral, dan protein yang cukup. Selain itu jangan lupakan hidrasi dengan konsumsi cairan yang cukup setiap hari.

Segera konsultasi ke ahlinya jika kondisi bibir semakin buruk

Kalau kamu mengalami masalah bibir pecah-pecah atau ruam yang tak kunjung sembuh meskipun sudah menjalankan tips-tips di atas, segera kunjungi dokter. Bukan tidak mungkin ada penyebab lebih serius yang perlu ditangani secara profesional.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga agar bibir senantiasa sehat. [tsr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini