5 Hal yang harus diperhatikan jika minta bantuan teman jadi fotografer di pernikahan

Sabtu, 19 Agustus 2017 20:03 Reporter : Tantri Setyorini
5 Hal yang harus diperhatikan jika minta bantuan teman jadi fotografer di pernikahan Ilustrasi fotografer pernikahan. © Wedding Consulting

Merdeka.com - Foto pernikahan Anda akan menjadi sesuatu yang tak ternilai dan tidak bisa tergantikan, untuk itu pastikan Anda menyewa fotografer pernikahan profesional yang sudah berpengalaman. Hanya karena teman Anda mengaku memiliki hobi fotografi dan mempunyai kamera yang canggih, belum tentu ia dapat menangkap momen-momen spesial dengan sempurna. Namun jika Anda tetap ingin meminta bantuan seorang teman untuk menjadi fotografer pernikahan Anda, perhatikan hal-hal berikut ini.

Biaya yang dikeluarkan

Jika Anda meminta bantuan teman dengan harapan untuk menghemat anggaran pernikahan Anda, pastikan Anda tetap mendapat hasil yang baik. Mungkin aneh rasanya bernegosiasi harga dengan teman, ia mungkin bahkan menawarkan untuk melakukannya sebagai hadiah, namun apapun itu pastikan Anda sudah membahas biaya terlebih dahulu.

Kedekatan Anda dengan teman

Salah satu keuntungan meminta bantuan teman atau kerabat untuk menjadi fotografer pernikahan adalah mereka sudah mengenal Anda dan Anda pun sudah merasa nyaman bersikap di hadapan mereka. Namun pastikan Anda memang memiliki kecocokan dengan mereka. Jangan hanya karena Anda berteman, namun kemudian hari menyadari bahwa Anda memiliki selera yang berbeda, yang dapat terlihat dari hasil fotonya.

Memilih sahabat atau keluarga inti

Meski demikian, sebaiknya hindari untuk meminta bantuan sahabat atau keluarga inti. Karena di hari spesial ini sebaiknya mereka turut menikmati pesta pernikahan Anda sebagai tamu, bukan vendor yang bekerja.

Melakukan percobaan terlebih dahulu

Sama halnya dengan tata rias wajah dan rambut, serta pilihan menu katering, Anda tentu harus mencoba untuk berfoto dengan teman tersebut terlebih dahulu. Minta mereka untuk memotret Anda di waktu dan lokasi yang mirip dengan pernikahan Anda untuk melihat apakah cahaya dan sudut pandang yang diambil sudah sesuai dengan keinginan Anda. Jika Anda tidak menyukainya, jangan sungkan untuk beralih pada fotografer pernikahan yang profesional.

Peralatan yang mereka miliki

Banyak yang mengira, dengan kamera DSLR biasa mereka bisa menjadi fotografer ahli. Padahal fotografer yang pro menggunakan banyak alat dan lensa tambahan yang bervariasi. Jadi, jangan sungkan untuk bertanya pada teman Anda, alat apa saja yang akan mereka gunakan untuk memotret Anda di hari pernikahan.

Ekspektasi Anda

Jujur saja, dengan meminta bantuan fotografer amatir Anda haruslah menurunkan ekspektasi Anda terhadap hasil foto yang diberikan. Untuk itu, jangan terlalu kecewa jika hasil fotonya nanti tidak sebagus foto pernikahan pada biasanya. Hal ini jugalah alasan mengapa sesi percobaan penting untuk dilakukan. [tsr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini