5 Facial Oil Alami untuk Kulit Sensitif

Rabu, 12 Juni 2019 04:00 Reporter : Tantri Setyorini
5 Facial Oil Alami untuk Kulit Sensitif Ilustrasi minyak biji anggur. ©Shutterstock

Merdeka.com - Merawat kulit sensitif itu tak mudah. Pasalnya banyak bahan di dalam produk perawatan kecantikan yang bisa menimbulkan masalah bagi pemilik kulit sensitif. Misalnya saja alkohol, mineral oil, atau bahan bersifat keras seperti minyak jeruk.

Lalu bahan apa yang sebaiknya digunakan untuk merawat kulit sensitif? Berikut ini beberapa rekomendasi facial oil alami yang bisa dipertimbangkan.

1 dari 5 halaman

Tea Tree Oil

Tea tree oil yang terbuat dari getah pohon teh memiliki khasiat antiseptik dan antiinflamasi, efektif untuk membunuh jamur dan bakteri penyebab jerawat. Mereka yang intoleran terhadap benzoyl peroxide juga bisa menggunakan bahan ini untuk mengobati jerawat.

2 dari 5 halaman

Grapeseed Oil

Menurut Dr. Allan Izikson, ahli dermatologi dari New York Dermatology Group, minyak biji anggur bisa menjadi pilihan yang baik untuk kulit yang sangat rawan alergi karena tidak mengandung bahan kimia, pewarna, atau wewangian. Sementara antioksidan di dalamnya dapat memperlambat proses penuaan.

3 dari 5 halaman

Moringa Oil

Moringa oil atau minyak kelor kaya antioksidan yang berguna untuk melindungi kulit dari radikal bebas. Juga mengandung asam lemak yang berguna untuk memperbaiki kondisi kulit kering dan melindungi kulit dari kerusakan akibat pengaruh ekstrernal.

Minyak ini juga bersifat antiinflamasi dan ringan, sehingga bisa melembapkan tanpa menjadikan kulit kering atau pori-pori tersumbat.

4 dari 5 halaman

Pomegranate Oil

Minyak alami dari biji delima ini memiliki sifat antibakterial dan antiinflamasi. Jadi bisa melawan bakteri penyebab jerawat sekaligus menenangkan kulit yang mengalami inflamasi. Selain itu, pomegranate oil juga ringan di kulit. Jadi tidak akan menyumbat pori-pori.

5 dari 5 halaman

Rosehip Oil

Menurut Sarah Brown, pendiri Pai Skincare kepada InStyle, rosehip oil efektif menyembuhkan bekas luka dan jerawat karena kaya akan nutrisi esensial untuk kulit. Bisa melakukan proses penyembuhan dalam waktu yang relatif singkat tanpa menyebabkan iritasi.

"Mengandung konsentrasi tinggi Omega 3, 6, 7 dan 9, ditambah antioksidan karotenoid yang membantu memperbaiki dan melindungi kulit dari pengaruh buruk lingkungan dan kerusakan yang terlihat dari luar," katanya.

Itulah berbagai jenis facial oil alami yang ramah untuk kulit sensitif. Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

Sumber: StyleCraze, Good Housekeeping, The Health Site, Marie Claire [tsr]

Baca juga:
Kata Dermatologis, Ini 7 Cara Ampuh untuk Menghilangkan Komedo
Ini Cara Benar Merawat T-Zone Buat Si Kulit Kombinasi
Atasi Jerawat Membandel dengan Minyak Jojoba
Toner Buatan Rumah, Cara Manfaatkan Sederet Khasiat Teh Hijau untuk Kulit

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini