5 Cara menghadapi anak yang sensitif

    Reporter : Rizqi Adnamazida | Minggu, 21 Oktober 2012 18:49
    5 Cara menghadapi anak yang sensitif
    Ilustrasi ayah dan anak. ©2012 Shutterstock/jordache

    Merdeka.com - Setiap anak memang memiliki karakter yang berbeda. Maka dari itu, sebagai orang tua Anda pun sebaiknya memahami putra dan putri dengan baik. Jika anak Anda termasuk sensitif, coba simak cara menghadapinya seperti yang dilansir dari She Knows berikut ini.

    Menyesuaikan diri
    Orang tua cenderung menasihati anak agar tidak melakukan ini atau harus berbuat begitu. Namun anak yang sensitif tidak mudah menerima nasihat tersebut. Jadi, daripada Anda bersusah payah mengubah perilaku anak, coba untuk menyesuaikan diri Anda agar bisa lebih memahami anak.

    Memahami penyebab
    Apa hal yang membuat anak Anda menjadi sensitif? Sebaiknya Anda mencari tahu penyebab itu. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah membantunya untuk mengatasi masalah yang menyebabkannya menjadi sensitif.

    Suasana nyaman
    Jangan memaksakan diri anak untuk melakukan apa yang Anda mau. Sebaliknya, biarkan anak merasa lebih percaya diri. Jadi jangan sampai mendorong mereka untuk terlibat dalam situasi yang tidak nyaman dan membuatnya semakin sensitif.

    Fokus pada kekuatan
    Tidak selamanya sensitif itu buruk. Jika anak Anda adalah tipe orang yang sensitif terhadap hewan, maka ada sisi positif dari sifat tersebut. Nantinya, pilihan karir anak bisa jadi ditentukan dari karakter sensitif yang terbawa sedari kecil.

    Berkonsultasi
    Lantas apa yang harus dilakukan jika seluruh langkah tersebut tidak membuahkan hasil apapun? Artinya Anda harus segera berkonsultasi dengan orang lain, entah itu kerabat, keluarga, atau dokter ahli. Lagipula, Anda pasti ingin yang terbaik bagi buah hati bukan?

    Anak adalah titipan Tuhan. Jadi jangan sampai menyia-nyiakan mereka hanya karena anak memiliki sifat dan karakter yang sedikit spesial daripada yang lain.

    [riz]

    Rekomendasi Pilihan

    KUMPULAN BERITA
    # Top List

    Komentar Anda



    BE SMART, READ MORE