5 Cara mengatasi ketombe yang ampuh

Sabtu, 27 Juni 2015 13:10 Reporter : Clear.co.id
5 Cara mengatasi ketombe yang ampuh Ilustrasi rambut panjang. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Sekundator

Merdeka.com - Penampilan yang maksimal merupakan salah satu kebutuhan bagi masyarakat modern. Selain harus memperhatikan pakaian yang dikenakan, menjaga kebersihan diri juga wajib dilakukan. Salah satu masalah yang cukup umum dialami sebagian besar wanita adalah ketombe. Hal ini muncul akibat kesehatan dan kebersihan kulit kepala yang kurang terjaga dengan baik sehingga menjadi ladang subur pertumbuhan ketombe. Lantas, bagaimana cara mengatasi ketombe yang ampuh hingga ke akarnya, ya?

Mengenal Ketombe

Jika ingin cara mengatasi ketombe yang digunakan ampuh melawan masalah tersebut, hal pertama yang wajib dilakukan adalah mengenal terlebih dahulu apa itu ketombe. Ketombe adalah salah satu masalah kesehatan kulit kepala yang cukup umum dialami sebagian besar wanita di dunia. Kondisi ini sendiri disebabkan oleh pertumbuhan jamur Malassezia yang muncul di kulit kepala akibat kelembapan alami yang kurang terjaga dengan baik. Masalah ini tak hanya dialami oleh pria saja, tapi wanita pun juga rentan memiliki ketombe yang mengganggu penampilan mereka.

Perbedaan Kondisi Kulit Kepala

Meskipun mengalami kondisi ketombe yang sama, ternyata penyebab ketombe pada pria dan wanita itu berbeda, lho. Jadi, mengenali dengan baik faktor penyebab ketombe yang membandel ini bisa menjadi salah satu langkah penting untuk menentukan cara mengatasi ketombe yang tepat. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah perbedaan kondisi kulit kepala. Wanita cenderung memiliki kulit kepala kering dengan kelembapan yang sangat rendah, sementara pria lebih berminyak. Kelihatannya memang dua kondisi yang berbeda, tapi sama-sama bisa menyebabkan ketombe, lho. Kulit kepala yang kering rentan memicu produksi minyak lebih banyak untuk menjaga kelembapannya. Nah, kadar yang berlebihan ini dapat membuat kondisinya sangat lembap sehingga menjadi ladang subur pertumbuhan jamur penyebab Malassezia.

Kulit Kepala Berketombe Menunjukkan Kondisi Tak Sehat

Fakta lain yang wajib Anda ketahui adalah bahwa kondisi kulit kepala yang berketombe menunjukkan keadaannya yang tak sehat. Kulit kepala sendiri memiliki sistem pertahanan yang dapat melindunginya dari beragam masalah kesehatan, salah satunya ketombe. Kalau ketombe sudah muncul di area tersebut, hal ini menandakan bahwa kesehatan kulit kepala sudah mulai menurun. Cara mengatasi ketombe yang tepat sangat diperlukan untuk meningkatkan kembali kondisinya.

Penuhi Nutrisi Kulit Kepala

Kulit kepala sama seperti bagian tubuh lainnya yang memerlukan nutrisi agar bisa tumbuh dengan sehat dan kuat. Jika ingin lapisan pelindungnya bekerja dengan maksimal, perhatikan diet yang Anda jalani setiap hari. Perbanyak konsumsi buah dan sayur merupakan salah satu cara mengatasi ketombe yang sederhana, tapi ampuh. Kedua bahan makanan ini memiliki serangkaian vitamin dan mineral yang berperan aktif untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut.

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Dehidrasi merupakan salah satu kondisi yang cukup mengganggu penampilan cantikmu, lho. Bagaimana tidak, keadaan ini dapat menyebabkan kulit terlihat kering, kusam dan tak bercahaya. Belum lagi tubuh lemas dan kurang bersemangat. Ternyata, dehidrasi juga bisa menyebabkan pertumbuhan ketombe! Kok bisa ya? Hmm, ternyata dehidrasi memaksa jaringan minyak alami atau sebum di kulit kepala memproduksi minyak lebih banyak lagi untuk menyeimbangkan kondisinya. Keseimbangan yang terganggu inilah yang dimanfaatkan oleh jamur penyebab ketombe untuk tumbuh dan hidup di dalamnya. Jadi, memenuhi kebutuhan cairan tubuh juga bisa menjadi cara mengatasi ketombe ampuh yang dilakukan di rumah.

Mengubah Kebiasaan Styling Rambut

Tanpa Anda safari, kebiasaan styling rambut yang salah ternyata juga bisa menyebabkan munculnya ketombe, lho. Penggunaan alat catok rambut yang panas dapat memicu kulit kepala jadi kering juga, sehingga menghasilkan produksi minyak berlebihan yang memfasilitasi pertumbuhan ketombe. Selain itu, penggunaan produk styling rambut seperti hair gel, serum dan bahan lainnya juga bisa menyumbat pori-pori di kulit kepala jika tak rajin dibersihkan, lho. Pori-pori yang tersumbat dapat membuat kondisinya gatal dan berketombe. Jadi, perhatikan kebiasaan styling rambut jika ingin cara mengatasi ketombe lebih optimal.

Memilih Shampo Anti Ketombe yang Tepat

Cara mengatasi ketombe yang paling umum dilakukan wanita adalah menggunakan shampo anti ketombe. Namun, jangan sembarangan pilih shampo, lho. Salah pilih produk bisa membuat ketombe semakin parah. Gunakan shampo anti ketombe terbaik yang sesuai dengan jenis kulit kepalamu. Hindari menggunakan shampo anti ketombe yang sifatnya unisex, karena kulit kepala pria dan wanita yang sangat berbeda satu sama lain. Kebanyakan produk shampo anti ketombe yang tersedia di pasaran hanya bisa mengatasi ketombe di permukaan saja sehingga banyak yang mengalami masalah ketombe yang balik lagi.

Kembalikan Kesehatan Kulit Kepala

Mengembalikan kesehatan alami kulit kepala merupakan salah satu cara mengatasi ketombe yang paling tepat. Hal ini sangat penting, mengingat pertahanan alami kulit kepala merupakan salah satu cara untuk menjaganya dari beragam masalah kesehatan rambut, tak terkecuali ketombe.

Berdasarkan fakta di atas, CLEAR Shampo mengembangkan varian shampo anti ketombe terbaik dengan teknologi yang disempurnakan. Anda bisa menggunakan CLEAR – Anti Dandruff: Complete Soft Care Shampo yang memberikan perawatan anti ketombe terbaik sebagai solusi cara mengatasi ketombe ampuh di rumah.

Shampo anti ketombe ini diperkaya dengan teknologi Nutrium 10 yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan kulit kepala dan rambut. Perpaduan vitamin dan mineral dalam bahan ini dapar menutrisi rambut hingga ke lapisan epidermisnya, yang pasti membuat rambut lebih sehat dan kuat. tak hanya itu saja, shampo anti ketombe ini juga dilengkapi dengan Nutrisi Creambath dua kali lebih banyak, yang pasti membuat rambut lebih lembut dan mudah diatur. Cara mengatasi ketombe bisa lebih maksimal dengan shampo ini. Memang cuma CLEAR yang bisa membuat rambutmu jadi Dandruff-Proof, kan? So, Nothing To Hide from your style now!

Sumber: Clear.co.id [des]

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini