5 Cara mengatasi gatal di kulit kepala

Senin, 30 Desember 2013 11:31 Reporter : Destriyana
5 Cara mengatasi gatal di kulit kepala Ilustrasi melindungi rambut. ©shutterstock.com/Losevsky Photo and Video

Merdeka.com - Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan gatal di kulit kepala, antara lain: udara dingin yang kering, ketombe, bahan kimia dalam produk perawatan rambut, dan gigitan kutu. Apa pun alasannya, gatal di kulit kepala membuat kita merasa tidak nyaman. Selain itu, masalah ini juga bikin kita sering menggaruk kulit kepala. Akibatnya, kulit kepala menjadi luka dan berdarah, karena terlalu sering digaruk. Berikut adalah lima cara mengatasi masalah gatal di kulit kepala, seperti dilansir MagForWomen.

1 dari 5 halaman

Mengganti shampo atau kondisioner

Ilustrasi keramas. ©Shutterstock/Valua Vitaly

Anda dapat mengganti shampo atau kondisioner yang biasa Anda gunakan, untuk melihat apakah gatal di kulit kepala Anda disebabkan oleh itu. Anda juga bisa membuat masker sederhana dari putih telur, minyak zaitun dan brokoli untuk mengatasi rasa gatal di kulit kepala. Pertama, haluskan brokoli, lalu campur dengan minyak zaitun dan satu putih telur. Aplikasikan masker ini pada kulit kepala Anda. Biarkan selama beberapa menit dan kemudian bilas sampai bersih. Masker ini dapat melembapkan kulit kepala, menghilangkan kutu dan kotoran lainnya dari kulit kepala, serta membuat rambut tampak berkilau.

2 dari 5 halaman

Oleskan minyak hangat pada kulit kepala Anda

Ilustrasi minyak zaitun. ©Shutterstock/juan ignacio laboa

Anda j bisa menggunakan minyak almond, minyak zaitun atau minyak kelapa untuk melakukan perawatan ini. Pilih salah satu minyak alami yang akan Anda gunakan, lalu hangatkan di atas api kecil. Aplikasikan pada kulit kepala dan pijat perlahan. Biarkan minyak itu di sana selama beberapa jam.

3 dari 5 halaman

Menyisir rambut dengan baik

Ilustrasi sisir. ©shutterstock.com/Aksenova Natalya

Gunakan sisir yang halus dan sisir rambut Anda dengan baik setiap hari. Menyisir rambut dapat meningkatkan aliran darah di kulit kepala, yang berdampak pada menurunnya rasa gatal di kulit kepala. Ingat, jangan sisir rambut saat masih basah, karena hal ini dapat menyebabkan gatal di kulit kepala.

4 dari 5 halaman

Paparan sinar matahari

Ilustrasi di bawah matahari. ©Shutterstock.com/Petar Paunchev

Pastikan bahwa Anda selalu memakai topi atau penutup rambut lainnya ketika berada di bawah sinar matahari yang terik. Hal ini dilakukan untuk mencegah kulit kepala terkena sengatan matahari, yang dapat menyebabkan rasa gatal pada kulit kepala.

5 dari 5 halaman

Hindari stres

Ilustrasi stres. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/milan2099

Terkadang tingkat stres yang tinggi dapat menyebabkan gatal di kulit kepala. Bila Anda memiliki kuku yang kotor dan terus menggaruk kulit kepala, Anda dapat mentransfer semua kotoran dan bakteri ke kulit kepala. Ini membuat kulit kepala menjadi semakin gatal.

Inilah lima cara mengatasi rasa gatal di kulit kepala. Selamat mencoba!

[des]
Topik berita Terkait:
  1. Tips Cantik
  2. Wanita Merdeka
  3. Top List
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini