5 Cara hindari bau apak di mesin cuci

Rabu, 9 Desember 2015 04:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Cara hindari bau apak di mesin cuci Ilustrasi mesin cuci bau. ©momtastic.com

Merdeka.com - Bau apak adalah masalah yang sering muncul dari sebuah mesin cuci yang Anda miliki. Bau ini dapat mengganggu kegiatan mencuci Anda dan pada beberapa kasus juga mempengaruhi wangi baju dan air yang Anda gunakan untuk mencuci. Berikut Merdeka.com berikan lima cara agar bauk apak tidak hinggap pada mesin cuci.

1. Biarkan mesin cuci tetap terbuka

Sisa air dan sabun yang belum kering sehabis mencuci dapat menimbulkan bau apak yang sulit hilang dari mesin cuci. Jika sebuah mesin cuci dibiarkan dalam kondisi tertutup, maka air ini tidak akan mudah hilang dan membuat bau apak semakin membandel. Biasakan untuk membuka dan buang air hingga benar-benar kering untuk mencegah munculnya bau apak yang muncul di mesin cuci.

2. Bilas bersih

Sering kali setelah mencuci menggunakan deterjen, Anda lupa untuk membilas bersih tabung mesin cuci Anda. Sisa-sisa sabun yang terperangkap dan mengering di bagian-bagian dari mesin cuci Anda dapat menimbulkan bau yang cenderung apak dan tidak menyenangkan. Usahakan untuk lakukan sekali saja bilasan dengan air bersih kepada mesin cuci untuk mencegah munculnya masalah ini.

3. Gunakan air panas

Walaupun pada beberapa bahan tertentu disarankan untuk tidak menggunakan air panas, tetapi pada beberapa hal air panas justru dapat digunakan untuk menghindari bau apak yang muncul dari mesin cuci. Air panas dapat menghancurkan sisa residu sabun yang menempel pada mesin cuci. Dengan hanya membilas tabung mesin cuci menggunakan air panas maka sisa-sisa sabun dapat luruh dan menjadi hilang.

4. Sikat bagian dalam

Membersihkan bagian dalam dari sebuah mesin cuci adalah hal yang harus dilakukan secara rutin. Gunakan lap dari bahan yang halus, air hangat, dan sedikit sabun untuk membuat mesin cuci Anda menjadi bersih dan harum. Dengan menyikat maka residu dan sisa noda dapat hilang dari mesin cuci sehingga bau apak dapat terhindarkan. Cara ini juga sebaiknya dilakukan setelah mencuci berbagai benda yang besar seperti seprai dan selimut.

5. Jangan gunakan sabun berlebihan

Sering kali ketika mencuci dalam jumlah banyak, tanpa sadar Anda menggunakan sabun secara berlebihan. Hal ini tidak membuat pakaian Anda semakin bersih dan malah membuat munculnya banyak noda dan residu pada mesin cuci. Sisa-sisa sabun ini malah dapat memunculkan bau apak pada mesin cuci Anda. Sebaiknya Anda gunakan sabun cuci dengan takaran yang sesuai dan tidak berlebihan.

Dengan melakukan lima cara tersebut maka Anda dapat mencegah dan menghilangkan bau apak yang mungkin muncul dari mesin cuci Anda. [RWP]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini