5 Cara agar kamu menjadi pendengar yang baik

Jumat, 15 Januari 2016 04:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Cara agar kamu menjadi pendengar yang baik Ilustrasi pendengar yang baik. ©narcissistsupport.com

Merdeka.com - Seberapa sering teman atau pacarmu menceritakan masalah yang sedang mereka hadapi kepadamu? jika sering, mungkin kamu termasuk seorang pendengar yang baik. Ada kalanya ketika seseorang memiliki masalah mereka membutuhkan tempat untuk menceritakan masalah yang mereka miliki tersebut. Sebagian orang hanya membutuhkan orang lain untuk membuat mereka merasa diperhatikan dan didengar saja walaupun tanpa saran. Namun jika ternyata jarang sekali ada orang yang bercerita kepadamu, ini lima cara yang bisa buat kamu jadi pendengar yang baik.

1. Lakukan kontak mata

Memandang mata lawan bicara merupakan hal yang sangat penting ketika berhubungan dengan orang lain. Ketika seseorang sedang curhat ke kamu, hal ini juga dapat menunjukkan perhatianmu yang tulus kepadanya. Cara ini juga memastikan bahwa kamu benar-benar serius dan sungguh-sungguh dalam mendengarkannya.

2. Jangan sela pembicaraan

Tidak ada hal yang lebih menyebalkan selain disela ketika sedang berbicara. Walaupun kata-katamu tersebut sekedar menambahi atau mendukung pendapatnya yang dikeluarkannya tetapi sebaiknya jangan buru-buru melakukannya. Jawab saja seperlunya ketika pacar atau temanmu melemparkan pertanyaan dan baru berikan saran atau kata-kata yang membesarkan hatinya ketika dia sudah selesai bicara.

3. Selalu perhatikan perkataan lawan bicara

Ketika dalam pembicaraan yang penting dan serius seperti itu, sebaiknya perhatikan dengan sepenuh hati lawan bicara. Memperhatikan sikap yang tidak peduli ketika dia bercerita justru akan menyakiti hubunganmu dengan teman atau pacarmu tadi. Usahakan agar menunjukkan rasa simpati dan memperhatikan seluruh kata-katanya.

4. Jangan alihkan perhatian

Mengalihkan perhatian seseorang ketika dia sedang berbicara serius dapat membuat masalahnya semakin berat karena merasa tidak diperhatikan dan dipedulikan. Usahakan agar hindari gangguan-gangguan terutama yang biasa terjadi adalah telepon genggam yang tiba-tiba mendapat telepon. Pastikan perhatianmu hanya tertuju pada lawan bicara itu.

5. Beri saran seperlunya

Hal menyebalkan lain yang dapat terjadi selain tidak diperhatikan adalah saran yang terlalu banyak dan berlebihan ketika dia bercerita. Terlalu banyak saran justru dapat membuat beban masalah yang dimilikinya menjadi semakin besar. Usahakan agar hanya bicara seperlunya saja ketika menanggapi dan jangan terlalu menggurui.

Lima cara tersebut dapat membuatmu menjadi pendengar yang baik bagi teman dan pacar yang datang untuk bercerita. [RWP]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini