5 Bahasa dengan penutur asli terbanyak di dunia

Minggu, 13 April 2014 05:05 Reporter : Destriyana
5 Bahasa dengan penutur asli terbanyak di dunia ilustrasi belajar bahasa. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Maksim Kabakou

Merdeka.com - Suka belajar bahasa asing? Dengan belajar bahasa asing, kita bisa lebih mengenal budaya bangsa lain dan juga membangun komunikasi yang baik dengan orang dari berbagai negara. Jika Anda berpikir bahwa bahasa dengan penutur asli terbesar di dunia adalah bahasa Inggris, Anda salah! Ingin tahu bahasa apa yang memiliki penutur asli dengan jumlah terbesar di dunia? Berikut kami sajikan lima bahasa dengan penutur asli terbanyak di dunia, berdasarkan data yang dirilis Nationalencyklopedin pada tahun 2010. Mari kita simak bersama!

2 dari 6 halaman

Mandarin

5 bahasa dengan penutur asli terbanyak di duniaChina. ? Chinese-Flag.org

Bahasa Mandarin memiliki sekitar 960 juta penutur asli yang membuatnya menduduki peringkat teratas sebagai bahasa dengan jumlah penutur asli terbanyak di dunia. Jumlah tersebut mencakup 14,4 persen dari populasi dunia. Bahasa asing yang terkenal sulit untuk dipelajari ini banyak digunakan di China, Taiwan, dan Singapura.

Sejak abad ke-14, beberapa bentuk bahasa Mandarin telah digunakan sebagai bahasa pengantar nasional. Dan pada awal abad ke-20, suatu bentuk standar yang didasarkan pada dialek Beijing, dengan unsur-unsur dari dialek Mandarin lainnya, diadopsi sebagai bahasa nasional. Mandarin telah menjadi bahasa resmi Republik Rakyat China dan merupakan salah satu dari empat bahasa resmi di Singapura. [des]

Baca juga:

3 dari 6 halaman

Spanyol

5 bahasa dengan penutur asli terbanyak di duniaIlustrasi spanyol. Shutterstock/klublu

Bahasa Spanyol menduduki peringkat kedua sebagai bahasa dengan jumlah penutur asli terbanyak di dunia, setelah bahasa Mandarin. Penutur asli bahasa ini mencapai 407 juta jiwa atau 6,15 persen dari populasi dunia.

Bahasa Spanyol digunakan sebagai bahasa resmi di 20 negara, yakni Argentina, Bolivia, Kolombia, Kosta Rika, Kuba, Chile, Republik Dominika, Ekuador, El Salvador, Equatorial Guinea, Guatemala, Honduras, Meksiko, Nikaragua, Panama, Paraguay, Peru, Spanyol, Uruguay, Venezuela.

Spanyol sendiri merupakan bahasa Romantis yang berasal dari Castile, sebuah wilayah di Spanyol. Selain menjadi salah satu dari enam bahasa resmi PBB, bahasa Spanyol juga digunakan sebagai salah satu bahasa resmi Uni Eropa.

Topik pilihan: Tips Cantik | Tips Karir | Lokasi Wisata

4 dari 6 halaman

Inggris

5 bahasa dengan penutur asli terbanyak di duniaRatu Elizabeth II. AFP

Kebanyakan orang mungkin berpikir bahwa bahasa Inggris adalah bahasa dengan jumlah penutur asli terbesar di dunia. Namun, fakta itu salah! Sebab, bahasa Inggris menduduki tempat ketiga di bawah bahasa Spanyol dan Mandarin. Bahasa asing ini memiliki penutur asli mencapai 359 juta jiwa atau 5,43 persen dari populasi dunia.

Bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa resmi di 54 negara, termasuk Britania Raya, Republik Irlandia, Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat, dan Kanada. Selain itu, bahasa ini juga digunakan sebagai bahasa resmi dari beberapa organisasi penting dunia, antara lain; PBB, Uni Eropa, Commonwealth of Nations, Dewan Eropa, ICC, IOC, ISO, NATO, NAFTA, OAS, OECD, OKI, OPEC, dan PIF.

Topik pilihan: Tips Cantik | Tips Karir | Lokasi Wisata

5 dari 6 halaman

Hindi

5 bahasa dengan penutur asli terbanyak di duniaFestival Holi di India. ?Reuters.com

Setelah bahasa Mandarin, Spanyol, dan Inggris, Hindi adalah bahasa dengan jumlah penutur asli terbanyak di dunia. Bahasa ini memiliki jumlah penutur asli mencapai 311 juta jiwa atau 4,70 persen populasi dunia. Bahasa Hindi sendiri digunakan sebagai bahasa resmi di India dan Nepal.

Hindi adalah bahasa Sansekerta yang telah dicatat dan distandardisasikan dari bahasa Hindustani. Hindustani merupakan bahasa asli dari orang yang tinggal di Delhi, Haryana, Uttar Pradesh, Bihar, Jharkhand, Madhya Pradesh dan Rajasthan.

Topik pilihan: Tips Cantik | Tips Karir | Lokasi Wisata

6 dari 6 halaman

Arab

5 bahasa dengan penutur asli terbanyak di duniaArab Saudi. ? Religion.info

Bahasa Arab menduduki tempat kelima sebagai bahasa dengan jumlah penutur asli terbanyak di dunia. Bahasa asing ini memiliki penutur asli sebanyak 293 juta jiwa atau mencakup 4,43 persen populasi dunia. Bahasa ini digunakan sebagai bahasa resmi dari 27 negara, termasuk Irak, Algeria, Chad, Bahrain, Israel, Yordania, dan masih banyak lagi.

Secara tradisional, bahasa ini dianggap sebagai keturunan dari bahasa Arab klasik - yang berasal dari abad ke-6. Bahasa tersebut mencakup bahasa sastra dan varietas bahasa Arab yang diucapkan di sekitar Timur Tengah, Afrika Utara, dan Tanduk Afrika.

Inilah lima bahasa dengan jumlah penutur asli terbanyak di dunia. Dan dengan mengenal dan mempelajari banyak bahasa asing di dunia, kita bisa lebih memahami kebudayaan bangsa lain.

Baca juga:

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Travel
  3. Top List
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini