5 Alasan Kenapa Setiap Orang Perlu Keluar dari Zona Nyaman

Selasa, 26 November 2019 10:04 Reporter : Tantri Setyorini
5 Alasan Kenapa Setiap Orang Perlu Keluar dari Zona Nyaman Ilustrasi solo travelling. ©2018 Merdeka.com/Pixabay/

Merdeka.com - Comfort zone alias zona nyaman, sebuah kondisi di mana seseorang merasa aman menjalani hari-hari yang rendah risiko, tanpa kekhawatiran, namun juga stagnan.

Berada di zona nyaman memang mudah, terasa begitu familiar. Namun berdiam diri di dalam kondisi seperti ini juga tidak akan membawa kemajuan apa pun bagi Anda. Zona nyaman itu sepeerti cangkang kecil tempat keong bersembunyi. Aman, bebas bahaya, tetapi tak ada yang terjadi di dalam sana.

Tentunya ada sudah sering mendengar anjuran untuk keluar dari zona nyaman. Cobalah pekerjaan baru, rasakan pengalaman yang belum pernah Anda coba, ujilah diri untuk melewati batasan kenyamanan Anda.

Ada banyak alasan untuk mengambil langkah ini. Berikut beberapa di antaranya seperti dilansir Yourtango.com.

1 dari 5 halaman

Karena Keluar dari Zona Nyaman Perlu untuk Mengenal Diri Sendiri dengan Lebih Baik

Alasan pertama adalah dirimu bisa mengenal diri sendiri dengan lebih baik. Keluar dari zona nyaman akan mendorongmu untuk memperdalam pengetahuanmu tentang apa yang dirimu inginkan dan cari dalam hidup.

Keluar dari zona nyaman akan membantumu mengenali kelebihan dan kekurangan dalam dirimu dengan lebih baik lagi.

2 dari 5 halaman

Keluar Zona Nyaman adalah Langkah untuk Upgrade Diri

Tak cuma smartphone atau gadget yang perlu upgrade. Dirimu juga perlu di-upgrade agar makin baik dan mengesankan ke depannya. Salah satu cara untuk meng-upgrade diri adalah dengan keluar dari zona nyaman. Keluar dari zona nyaman akan membantu kita menggali kecerdasan kita dengan lebih dalam lagi.

3 dari 5 halaman

Bisa Berkenalan dan Menjalin Hubungan dengan Lebih Banyak Orang

Berada di zona nyaman akan membuatmu bersosialisasi dengan orang-orang yang ada di lingkungan dan lingkaran hidupmu saja. Ini berbeda jika dirimu memberanikan diri keluar dari zona nyamanmu. Dirimu bisa mengenal lebih banyak orang, memperluas relasi dan bersosialisasi dengan lebih banyak orang di luar sana.

4 dari 5 halaman

Demi Menjadi Pribadi Lebih Terbuka, Kritis dan Praktis

Setelah dirimu keluar dari zona nyamanmu, disadari atau tidak ini akan mendukungmu menjadi pribadi yang lebih terbuka, kritis dan praktis terhadap apapun itu. Dirimu juga akan berpikir lebih bijaksana dan hati-hati.

5 dari 5 halaman

Keluar dari Zonya Nyaman adalah Langkah Kecil Menuju Sukses

Banyak orang yang mengatakan jika keluar dari zona nyaman adalah jalan menuju sukses. Meski di awal-awal akan terasa sangat berat dan menyedihkan, perlahan tapi pasti ini akan membaik. Dirimu bisa merasakan kenyamanan lain yang membantumu mencapai sukses lebih cepat.

Demikian alasan-alasan penting kenapa seseorang harus mencoba keluar dari zona nyaman.

Reporter: Mimi Rohmitriasih
Sumber: Fimela.com [tsr]

Baca juga:
Menurut Psikoterapis, Ini 10 Pikiran Negatif yang Harus Disingkirkan Jika Mau Bahagia

Topik berita Terkait:
  1. Motivasi Hidup
  2. Top List
  3. Wanita Merdeka
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini