4 Tips Tidur Nyaman di Pesawat saat Perjalanan Jauh

Selasa, 29 Oktober 2019 11:02 Reporter : Tantri Setyorini
4 Tips Tidur Nyaman di Pesawat saat Perjalanan Jauh Ilustrasi tidur di pesawat. ©Shutterstock

Merdeka.com - Anda yang biasa bepergian jarak jauh mungkin lebih akrab dengan pesawat terbang daripada alat transportasi darat. Bisa jadi Anda bahkan sudah terbiasa naik pesawat berjam-jam.

Walaupun begitu, penerbangan jarak jauh selama belasan jam jelas bukan kondisi ideal untuk istirahat. Apalagi memejamkan mata dengan santai.

Namun ada beberapa cara untuk membuat perjalanan Anda menjadi lebih nyaman. Huffington Post meminta beberapa travel blogger untuk berbagi kiat agar dapat beristirahat bahkan tidur dengan lebih nyaman ketika dalam penerbangan jarak jauh.

1 dari 4 halaman

Hindari Minuman Beralkohol

Cara pertama adalah mengurangi konsumsi gula serta minuman beralkohol. Beberapa orang berpikir alkohol bisa membuat tidur menjadi lebih pulas di pesawat. Benarkah?

Namun kenyataannya hal itu hanya bertahan sekitar tiga hingga empat jam saja. Alkohol hanya akan membuat Anda terbangun dari tidur dengan sakit kepala, rasa haus, dan selanjutnya akan kesulitan untuk kembali tidur.

2 dari 4 halaman

Kurangi Konsumsi Gula

Sedangkan terlalu banyak gula dapat menyebabkan perut kembung sehingga Anda tidak akan merasa nyaman sepanjang perjalanan atau penerbangan.

3 dari 4 halaman

Pakai Alas Kaki yang Longgar dan Nyaman

Selain itu, faktor pakaian dan sepatu yang nyaman juga berpengaruh. Travel blogger Kay Dougherty mengatakan sepatu jenis slip on yang longgar akan membuat perjalanan jarak jauh lebih nyaman.

Sepatu yang longgar akan memberikan ruang tambahan untuk kaki yang membengkak karena terlalu lama duduk di dalam pesawat.

4 dari 4 halaman

Coba Tidur Gaya Militer

Metode tidur seperti yang dilakukan para tentara juga dapat membantu penerbangan jarak jauh Anda menjadi lebih nyaman. Pertama, Anda perlu mengendurkan semua otot wajah termasuk lidah, rahang, dan otot-otot di sekitar mata.

Lalu jatuhkan bahu Anda dan biarkan anggota tubuh lainnya rileks seolah-olah mereka mati rasa. Cobalah untuk mengatur dan mengendalikan napas dan lambat laun Anda akan tertidur dengan rasa nyaman saat melakukan penerbangan jarak jauh.

Reporter: Henry Hens
Sumber: Liputan6.com [tsr]

Baca juga:
Anti-Fraud Traveloka PayLater, Begini Penjelasannya
Cuti Terbatas Cuma Bisa Liburan Singkat, Siapa Takut?
Pintar Memanfaatkan Fitur Layanan Tambahan Dalam Penerbangan
Pilihan Liburan Terbaik Berdasarkan Kepribadian Anda

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini