4 Tips jitu agar biaya pernikahan tak membengkak

Selasa, 21 Juli 2015 21:48 Reporter : Aulia Fitrisari
4 Tips jitu agar biaya pernikahan tak membengkak Ilustrasi anggaran. ©2015 Merdeka.com/Pixabay/AlexanderStein

Merdeka.com - Ladies, kamu bisa saja merencanakan berbagai konsep pesta pernikahan. Tapi bagaimanapun keinginanmu, eksekusi resepsi impian tetap harus disesuaikan dengan budget yang tersedia.

Agar mimpi tak hanya menjadi mimpi belaka, kompromikan budget pernikahan dengan maksimal melalui langkah-langkah berikut.

1. Pilih waktu yang tepat

Pemilihan waktu pernikahan jauh sebelum tanggal pernikahan dapat memangkas anggaran. Setahun adalah jangka waktu ideal karena biasanya kamu bisa mendapatkan alternatif lokasi pernikahan yang lebih banyak.

Pemilihan waktu yang terlalu dekat dengan tanggal pernikahan biasanya membuat pilihan tempat pesta pernikahan lebih sedikit dan memaksa calon mempelai untuk membayar lebih mahal dan pasrah pada lokasi yang tersedia.

2. Bantuan Teman

Tak ada salahnya meminta bantuan pada teman atau keluarga yang memiliki keahlian khusus untuk turut membantu. Dengan menghubungi teman yang merupakan seorang fotografer wedding, memiliki kenalan dengan pemilik gedung, atau mengelola usaha katering pernikahan, mungkin saja kamu dapat mendiskusikan potongan harga.

3. Kunjungi Pameran Pernikahan

Hunting ke berbagai tempat untuk mendapatkan alternatif harga yang bervariasi dari berbagai vendor pernikahan agar dapat menyesuaikan dengan budget.

Jangan malu untuk melakukan tawar-menawar untuk mendapatkan harga yang diinginkan. Agar lebih mudah, kamu juga wajib hadir di pameran pernikahan karena biasanya vendor banyak memberikan potongan harga di acara tersebut.

4. Sajian Unik

Penghargaan pada para tamu yang sudah bersedia meluangkan waktu untuk hadir di resepsi pernikahan tak selalu harus diperlihatkan lewat sajian yang serba mewah. Siasati anggaran konsumsi dengan mengombinasikan makanan dari berbagai varian harga.

Untuk menekan biaya, kamu bisa menyelipkan pilihan sajian yang sederhana namun unik. Ini sekaligus meninggalkan kesan tersendiri bagi tamu yang hadir.

Sekian tips untuk mengatur biaya pernikahan agar tidak melebihi anggaran. Selamat mempersiapkan pernikahan. [tsr]

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini