4 Ramuan mujarab untuk basmi ketombe

Jumat, 9 November 2012 08:19 Reporter : Destriyana
4 Ramuan mujarab untuk basmi ketombe Ilustrasi minyak kelapa. ©2012 Merdeka.com/Shutterstock/Africa Studio

Merdeka.com - ketombe merupakan salah satu masalah rambut paling umum yang sering kita alami. Tentu saja, ada banyak cara untuk mengobati ketombe. Namun, efeknya tidak berlangsung lama karena ketombe biasanya kembali muncul. Ketombe bisa menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti jerawat dan kulit kepala kering. Berikut adalah empat ramuan mujarab untuk mengobati ketombe, seperti dilansir Boldsky.

1. Minyak kelapa dan perasan jeruk nipis

Minyak kelapa dapat melembapkan kulit kepala kering, sedangkan air jeruk nipis bisa menghilangkan ketombe secara alami. Siapkan minyak kelapa asli dan tambahkan beberapa tetes air lemon. Oleskan pada kulit kepala dengan menggunakan ujung jari. Resep minyak rambut ini dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala dan mendorong pertumbuhan rambut.

2. Yogurt, minyak almond, dan air jeruk nipis

Yogurt merupakan bahan alami yang dapat menyembuhkan ketombe, sedangkan minyak almond berguna untuk melembapkan kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Air jeruk nipis dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan kering, yang dapat memicu munculnya ketombe. Campurkan ketiga bahan tersebut dan oleskan pada rambut. Diamkan selama 1 jam dan bilas hingga bersih.

3. bunga kembang sepatu

Bunga kembang sepatu adalah salah satu bahan minyak rambut yang cukup populer di Asia. Selain mengurangi kerontokan rambut, minyak ini dapat melawan ketombe. Rebus air dan tambahkan beberapa tangkai bunga kembang sepatu. Kemudian masukan beberapa tetes minyak kelapa atau jarak. Rebus selama beberapa menit dan biarkan hingga dingin. Oleskan minyak rambut ini pada akar rambut dan kulit kepala. Biarkan semalaman atau selama 3-4 jam untuk mendapatkan hasil terbaik.

4. Minyak wijen

Minyak wijen ternyata ampuh dalam mengurangi kerontokan, kulit kepala kering, dan ketombe. Cukup hangatkan minyak wijen dan kemudian oleskan pada kulit kepala. Anda juga dapat mencampurnya dengan perasan jeruk nipis. Diamkan selama beberapa jam dan bilas sampai bersih.

Ketombe bikin kulit kepala kering dan rambut kusam? Yuk atasi dengan empat resep masker rambut alami ini! Selamat mencoba! [des]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini