4 Manfaat membawa hewan ke tempat kerja

Senin, 7 Oktober 2013 20:03 Reporter : Kun Sila Ananda
4 Manfaat membawa hewan ke tempat kerja Ilustrasi hewan bekerja. ©Shutterstock.com/Javier Brosch

Merdeka.com - Membawa hewan peliharaan ke tempat kerja? Kebanyakan orang pasti akan berpikir ini adalah tindakan yang gila. Kemungkinan besar kalian juga bisa membayangkan bagaimana jika hewan-hewan peliharaan seperti anjing, kucing, ular, atau burung itu mengacau kantor dan pekerjaan kalian.

Namun jangan salah. Membawa hewan peliharaan ke tempat kerja tak melulu berakibat buruk. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kalian dapatkan dengan membawa hewan peliharaan ke kantor, seperti dilansir oleh Care2 (06/10).

1. Mengurangi stres
Anjing adalah salah satu jenis hewan yang sering dilibatkan dalam pekerjaan, seperti untuk membantu melakukan terapi pada pasien atau menjadi anjing penuntun tuna netra. Hal ini diketahui karena anjing bisa memberikan efek menenangkan dan menurunkan stres ketika membantu pasien menjalani terapi. Membawa anjing ke tempat kerja juga bisa memberikan efek yang sama. Berdasarkan penelitian di Virginia Commonwealth university, membawa hewan peliharaan ke tempat kerja bisa membantu menurunkan tingkat hormon cortisol penyebab stres dan meningkatkan produktivitas.

2. Meningkatkan rasa percaya dan kerjasama
Hewan peliharaan seperti anjing juga bisa 'bekerja' sebagai mediator, pembangun jembatan, dan meningkatkan produktivitas karyawan. Penelitian dari ventral michigan University menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan antar karyawan dan tingkat kerjasama mereka meningkat ketika hewan peliharaan di bawa saat melakukan rapat.

3. Membuat karyawan lebih rajin
Survei yang dilakukan oleh American Pet Products Manufacturers Association menunjukkan bahwa membawa hewan peliharaan ke tempat kerja bisa mengurangi kecenderungan karyawan untuk tidak masuk kerja. Mereka lebih rajin, baik untuk datang ke kantor maupun untuk bekerja.

4. Menyegarkan suasana
Di Amerika Serikat, program membawa hewan peliharaan ke tempat kerja biasanya diikuti dengan 'rapat berjalan'. Rapat ini dilakukan di tempat terbuka sambil membawa hewan peliharaan. Penelitian menunjukkan bahwa kegiatan semacam ini bisa meningkatkan kreativitas, kerjasama, dan teamwork karyawan selama rapat. Manfaat lainnya, karyawan jadi tak jenuh karena hanya duduk selama delapan jam saat bekerja.

Di Amerika Serikat, terdapat 20 perusahaan yang sudah mengizinkan karyawannya membawa binatang peliharaan ke kantor. Di Indonesia, tampaknya kebiasaan ini belum familiar dan belum diadopsi oleh perusahaan. Membawa binatang peliharaan bisa jadi ide yang menarik dan menggoda untuk dilakukan. Namun jika kalian ingin melakukannya, sebaiknya pastikan kalian sudah mendapatkan izin dari perusahaan. [kun]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Binatang Peliharaan
  3. Karir
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini