4 Cara berargumentasi secara 'sehat' dengan pasangan

Kamis, 17 Maret 2016 14:38 Reporter : Aulia Fitriasari
4 Cara berargumentasi secara 'sehat' dengan pasangan Ilustrasi pasangan bertengkar. ©2015 Merdeka.com/tvN

Merdeka.com - Dalam setiap tahap hubungan, beda pendapat dengan pasangan merupakan hal yang wajar. Apalagi saat kalian berdua dalam masa persiapan menjelang pesta pernikahan. Perselisihan kecil dalam pemilihan venue, konsep dekorasi, hingga warna busana pengantin yang diinginkan merupakan beberapa masalah yang kerap jadi sumber konflik.

Jika kamu menginginkan hubungan yang langgeng dan solid, cobalah untuk berargumentasi dengan cara yang sehat. Cara berkomunikasi yang benar akan mengubah perspektif kamu dan pasangan sekaligus menggiring komunikasi ke arah jalan keluar.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk berargumentasi dengan cara dewasa.

1. Perhatikan pemilihan kata

ilustrasi pasangan bertengkar abcnews.go.com

Pemilihan kata biasanya sudah menjadi bawaan setiap individu, apalagi ketika sedang emosi. Kebanyakan pasangan tidak dapat mengontrolnya dan justru menyakiti satu sama lain. Sangat mudah mengatakan sesuatu yang bakal disesali tanpa memikirkannya terlebih dahulu.

Memperhatikan pemilihan kata agar terdengar positif adalah hal pertama yang harus kamu jaga ketika sedang bertengkar dengan pasangan. Semakin menyakitkan kata-kata yang keluar dari mulutmu, semakin sulit pula untuk menemukan jalan keluar.

2. Bicara dari hati ke hati

Ilustrasi pasangan bertengkar 2015 TvN

Saling membuka hati dan bicara jujur akan membawa perbedaan besar dalam komunikasi kalian, bahkan jika bentuk komunikasi itu adalah pertengkaran. Jangan sampai pembahasan masalah berputar di topik yang itu-itu saja karena kedua belah pihak enggan jujur terhadap satu sama lain.

3. Ingat, tak ada yang menang atau kalah!

Ilustrasi pasangan bertengkar 2015 Merdeka.com/Pixabay/Takmeomeo

Ingatlah kalau pertengkaran dengan pasangan pada dasarnya bertujuan untuk menemukan solusi, bukan untuk mencari siapa yang menang atau kalah. Ketika kamu menuruti ego dan memprioritaskan diri untuk menang dalam adu argumen, maka saat itulah kamu sedang mempertaruhkan hubunganmu dengan pasangan.

Belajarlah untuk berkompromi untuk mendapatkan solusi yang memuaskan bagi kedua belah pihak. Kadang jalan keluar terbaik tak datang dari salah satu pendapat. Tak jarang kalian harus melebur keinginan masing-masing dan mencari solusi alternatif yang lebih adil bagi kedua belah pihak.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ingat saat menghadapi konflik dengan pasangan. [tsr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini