4 Cara belajar salah yang paling sering dilakukan pelajar

Jumat, 21 November 2014 17:33 Reporter : Tantri Setyorini
4 Cara belajar salah yang paling sering dilakukan pelajar Ilustrasi belajar di kelas. ©Shutterstock.com/michaeljung

Merdeka.com - Sadar, nggak, kalau selama ini kamu sering belajar dengan cara yang salah? Sebagian besar dari kita memiliki kebiasaan belajar yang buruk.

Bukannya menempel di kepala, materi yang dipelajari justru menguap begitu saja. Nah, kenali cara-cara belajar yang salah berikut.

1. Begadang

Siapa yang tidak pernah seperti ini? Belajar pakai sistem SKS (Sistem Kebut Semalam), bahkan sampai lewat tengah malam.

Cara belajar seperti ini justru tidak efektif, sebab tubuhmu kelelahan. Kamu perlu istirahat yang cukup agar otak bisa bekerja maksimal dalam mengingat pelajaran.

2. Menggarisbawahi kalimat

Menggarisbawahi kalimat penting di catatan atau buku teks memang bisa membuatmu mengetahui materi mana yang paling penting. Tetapi seringnya kita menggarisbawahi terlalu banyak kalimat. Kalau seperti ini sama saja kamu tidak meringkas apapun.

3. Mencatat segala hal

Mencatat materi itu memang penting untuk membantumu belajar. Tetapi pastikan mencatat yang benar-benar penting saja. Tidak perlu setiap detail kamu catat.

4. Menghapalkan

Daripada menghapalkan catatan atau materi di buku teks, lebih baik kamu memahami konsepnya dan membahasakan dengan kalimatmu sendiri. Ini akan membuatmu lebih mudah mengingat. [tsr]

Topik berita Terkait:
  1. Pengembangan Karir
  2. Tips Karir
  3. Top List
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini