3 Tanaman herbal yang ampuh menghaluskan kulit

Selasa, 10 Juli 2012 12:31 Reporter : Destriyana
3 Tanaman herbal yang ampuh menghaluskan kulit Kunyit. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Cantik instan tidak selamanya baik. Bahan kimia dalam kosmetik memiliki efek samping bagi kulit. Pernah mengalami iritasi kulit? Nah, itu salah satu reaksi kulit sensitif. Perawatan kulit alami adalah solusi terbaik untuk merawat kulit. Berikut adalah herbal alami yang baik untuk memelihara kelembutan kulit.

1. Lavender

Lavender sering digunakan dalam produk kecantikan. Selain memiliki aroma eksotis, lavender dapat melembabkan kulit kering. Alhasil, kulit tampak lebih kenyal dan lembut. Seperti dilansir Boldsky, lavender juga bisa menyembuhkan infeksi jamur atau jerawat.

Tips: Rebus kelopak lavender dan gunakan sebagai toner kulit. Minyak lavender juga bisa membuat kulit lebih halus dan lentur lho.

2. Kunyit

Kunyit adalah salah satu jenis rempah-rempah dapur. Para ibu di rumah memakainya sebagai bumbu masak utama. Ternyata, kunyit memiliki banyak manfaat untuk kulit. Misalnya, menyembuhkan luka dan melembutkan kulit.

Tips: Haluskan kunyit dan oleskan pada kulit secara rutin setiap hari.  Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan perawatan rutin sebelum mandi.

3. lidah buaya

Tanaman yang populer di Afrika ini dikenal sebagai tanaman obat, terutama untuk kulit. Sebuah studi yang dilakukan oleh Departemen Dermatologi di Northwestern University Feinberg School of Medicine di Chicago, menemukan bahwa gel lidah buaya dapat mengurangi munculnya tanda keriput di kulit.

Tips: Haluskan lidah buaya dan tambahkan madu. Oleskan ramuan ini pada wajah, terutama pada kulit yang berjerawat. Biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin.

Produk kosmetik memberi hasil nyata secara instan. Namun, sesuatu yang instan sering memiliki efek samping. Maka, sebaiknya lakukan perawatan kulit alami di rumah. Selain tanpa efek samping, perawatan alami kan lebih hemat di kantong. [des]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini