3 Hal berharga yang dipelajari Bill Gates dari Warren Buffett

Kamis, 4 Desember 2014 14:38 Reporter : Destriyana
3 Hal berharga yang dipelajari Bill Gates dari Warren Buffett Bill Gates dan Warren Buffett. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - 2. Gunakan platform Anda.

Banyak pemimpin bisnis menulis surat kepada pemegang saham mereka, tetapi Warren memiliki cara unik untuk melakukannya. Pria kelahiran 30 Agustus 1930 itu selalu menyisipkan humor di dalam setiap suratnya. Dan tampaknya itu cukup efektif untuk menarik minat para investor.

Selain itu, Warren juga dikenal dengan sikapnya yang terus-terang, karena dia bersedia untuk berbicara terus terang dan mengkritik hal-hal seperti opsi saham dan derivatif keuangan. Warren pun mengilhami Bill untuk mulai menulis surat tahunannya sendiri tentang bagaimana kinerja yayasannya.

"Saya masih harus banyak belajar sebelum saya bisa sebagus Warren, tapi itu telah membantu saya untuk menjelaskan hasil dari kerja saya, baik dan buruk," tulis Bill.

3. Tahu betapa berharganya waktu Anda.

Tidak peduli berapa banyak uang yang Anda miliki, Anda tetap tidak dapat membeli waktu. Semua orang hanya memiliki 24 jam dalam sehari. Dan menurut Bill, Warren cukup tajam dalam hal ini. Warren tidak akan membiarkan kalendernya diisi dengan pertemuan-pertemuan yang tidak berguna. Di sisi lain, dia sangat murah hati pada waktunya ketika itu berhubungan dengan orang-orang yang dia percaya. Dia bahkan memberikan nomor teleponnya kepada penasihat dekatnya di Berkshire, dan mereka bisa meneleponnya kapan saja, dan dia berjanji akan langsung menjawab telepon tersebut.

Meskipun Warren membuat pertemuan dengan puluhan kelas di beberapa universitas setiap tahun, tidak banyak orang yang bisa meminta nasihat rutin darinya.

"Saya merasa sangat beruntung dalam hal itu: Percakapan ini sangat berharga bagi saya, dan bukan cuma untuk Microsoft," kata Bill.

Ketika Melinda dan Bill mendirikan yayasan Bill & Melinda Gates Foundation, Bill langsung meminta nasihat Warren. Kami berbicara banyak tentang gagasan bahwa filantropi bisa memiliki efek dengan caranya sendiri, seperti apa yang dilakukan oleh perangkat lunak.

"Ternyata, cara brilian Warren dalam memandang dunia ini juga berguna untuk mengatasi kemiskinan dan penyakit, seperti dalam membangun bisnis," tandas Bill.

Inilah tulisan keren Bill yang di-posting di LinkedIn. Terinspirasi dengan tulisan di atas? So, tak ada waktu untuk mengeluh dan berdiam diri. Ayo raih kesuksesan Anda dengan semangat juang yang tinggi! [des] SEBELUMNYA

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini