3 Cara Atasi Rasa Cemburu dengan Kepala Dingin

Selasa, 23 April 2019 08:00 Reporter : Tantri Setyorini
3 Cara Atasi Rasa Cemburu dengan Kepala Dingin Ilustrasi cemburu. ©2013 Merdeka.com/Yoga Tri Priyanto

Merdeka.com - Namanya juga manusia, sebahagia apa pun, seideal apa pun hubungan yang sedang dijalani, pasti kadang rasa cemburu masih terselip juga. Sebenarnya ini merupakan hal yang lumrah, karena pada dasarnya semua orang pasti memiliki rasa posesif terhadap pasangannya. Asal tidak berlebihan, cemburu masih pantas dimaklumi.

Tetapi rasa cemburu yang tak segera diatasi juga bisa menumpuk menjadi borok yang bisa menyakiti hati. Lama-lama bahkan bisa mengganggu keharmonisan hubungan.

Satu hal yang perlu diingat, cemburu harus dihadapi dengan kepala dingin. Jadi persoalan sepele ini tidak akan menggembung menjadi perkara yang lebih serius.

Bagaimana cara mengatasi rasa cemburu dengan kepala dingin? Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba.

1. Selalu konfirmasi lebih dahulu sebelum menuduh

Sebaiknya jangan sembarang asal menuduh kalau belum ada kejelasan. Memang benar biasanya tidak ada asap kalau tidak ada api, tetapi jangan mudah percaya gosip yang belum kamu ketahui pasti kebenarannya.

Jangan terlalu mudah curiga dengan pasangan sendiri. Kita perlu meyakinkan pasangan bahwa kita percaya padanya maka dari itu kita pun perlu langsung bertanya atau klarifikasi soal berbagai hal dan masalah yang ada.

2. Tunggu sampai amarah reda, baru ajak bicara

Kalau masih marah atau dipenuhi rasa curiga, jangan memaksakan diri untuk mengajaknya bicara. Hindari obrolan atau percakapan bila suasana masih terasa panas atau tegang.

Beri ruang bagi kedua belah pihak untuk menenangkan diri sejenak. Baru setelah itu luangkan waktu khusus untuk kembali mengobrol atau bercakap-cakap.

3. Kalau sedih, ungkapkan dengan jujur

Jujur saja bila hati sedih dan terluka karena merasa cemburu. Pasangan kita pun perlu tahu betapa besar rasa cinta dan peduli kita padanya. Kalau kita merasa sedih dan terluka saat melihatnya akrab dengan lawan jenis, tak ada salahnya mengutarakan hal ini dengan terbuka. Terus-terusan dipendam malah membuat batin terluka.

Demikian cara mengatasi rasa cemburu dengan cara sehat dan kepala tetap dingin. [tsr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini