15 Makanan yang Mengandung Protein Selain Telur dan Susu, Cek di Sini

Rabu, 6 Maret 2019 14:36
15 Makanan yang Mengandung Protein Selain Telur dan Susu, Cek di Sini Makanan yang Mengandung Protein (Sumber: iStock)

Merdeka.com - Liputan6.com, Jakarta Bagi kamu yang sedang giat berolahraga, asupan protein sangatlah penting. Pasalnya, otot membutuhkan zat protein untuk bisa lebih kuat dan terbentuk. Seperti air, protein adalah zat yang paling melimpah dan terdapat di setiap sel dalam tubuh kita. Tubuh kita memproduksi protein dalam bentuk yang beraneka ragam dari sumber-sumber makanan yang mengandung protein ketika kita mengonsumsinya.

Fungsi protein sendiri hampir berhubungan dengan segala aktivitas yang kita lakukan sehari-hari. Makanan yang menandung protein ada banyak. Sayangnya, orang awam mengira protein cuma berasal dari susu.

Padahal, protein juga banyak terkandung di dalam makanan lain. Seperti daging unggas, ikan, produk susu, telur, kacang polong atau kacang lentil. Berikut makanan yang mengandung protein yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (6/3/2019).

Jenis Makanan yang Mengadung Protein

1. Spirulina

Mungkin nama ini asing di telingamu. Namun orang-orang sering menyebut spirulina sebagai ganggang hijau. Makanan ini mengandung protein. Bahkan spirulina yang telah dipotong kecil-kecil dan dikeringkan bisa menjadi makanan alternatif pengganti telur. Sebabnya, spirulina mengandung delapan gram protein untuk 40 kalorinya. Cara mengonsumsinya adalah dengan mencampurnya dengan salad.

2. Yogurt

Jika berbicara tentang makanan yang mengandung kandungan protein tinggi, yogurt bisa menjadi alternatif yang bagus. Pilihlah yogurt plain yang tanpa lemak. Dalam satu cup kecil yogurt mengandung 17 gram protein.

3. Keju

Keju yang selama ini menjadi topping berbagai makanan ternyata juga termasuk makanan yang mengandung protein tinggi. Dalam satu onsnya ada sekitar 8 gram kandungan protein. Meski begitu, jangan terlalu banyak juga mengonsumsinya karena kalorinya juga cukup tinggi.

4. Biji labu kering

Saat memakan labu biasanya bijinya akan dibuang dan hanya memakan daging buahnya saja. Padahal itu keliru, biji labu ternyata juga punya banyak manfaatnya, apalagi jika sudah dikeringkan. Satu cup kecil biji labu kering mengandung 10 gram protein.

5. Kedelai panggang

Kacang-kacangan memang terkenal sebagai salah satu makanan yang mengandung protein tinggi. Terutama kacang kedelai. Dalam seperempat cangkir kedelai ada sekitar 15 gram protein. Cara penyajian terbaik kedelai adalah dengan memanggangnya.

Bahan makanan lain yang mengandung protein

6. Udang

Hampir semua makan laut merupakan sumber protein yang sangat baik karena biasanya rendah lemak. Meskipun udang rendah kalori tetapi sarat dengan berbagai nutrisi seperti selenium, vitamin B12 dan lemak omega-3. Dalam 1 ons udang mentah mengandung 24 gram protein dan 99 kalori.

7. Dada ayam

Makanan yang mengandung protein lainnya adalah dada ayam, dengan catatan kamu mampu memasaknya dengan benar. Kadar protein yang terkandung dalam 1 dada ayam tanpa kulit sebanyak 53 gram dan 284 kalori.

8. Gandum

Gandum juga termasuk makanan paling sehat karena banyak mengandung serat sehat, magnesium, mangan, vitamin B1 dan beberapa nutrisi lainnya. Kadar protein yang terkandung dalam gandum mentah adalah 13 gram dan 303 kalori.

9. Daging sapi

Daging sapi tanpa lemak memiliki protein yang tinggi, terlebih rasanya pun juga lezat. Makanan yang menandung protein daging sapi seberat 85 ons yang di masak dengan lemak 10% mengandung 22 gram protein dan 184 kalori.

10. Ikan tuna

Ikan tuna memiliki lemak dan kalori yang rendah sehingga sebagian besar yang terkandung dalamnya adalah protein. Seperti ikan lainnya, tuna mengandung nutrisi yang kaya akan lemak omega 3. Dalam 1 ons tuna mengandung 30 gram protein dan 157 kalori.

Biji-bijian yang mengandung banyak protein

11. Kacang almond

Almond merupakan salah satu jenis kacang yang paling populer karena mengandung nutrisi penting termasuk serat, vitamin E, mangan dan magnesium. Kadar protein yang ada pada kacang almond sebanyak 6 gram per 1 ons.

12. Buncis

Makanan yang mengandung protein selanjutnya adalah buncis. Bahan makanan satu ini memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dan dapat merangsang tubuh menghasilkan hormon penekan rasa lapar, cholecystokinin. Selain itu, mengonsumsi buncis secara terautur mampu meminimalkan peradangan usus akibat gula. Jadi makanan ini sangat cocok dikonsumsi bagi para penderita diabetes.

13. Biji Rami

Biji rami merupakan salah satu makanan yang dapat kamu olah seperti mengonsumsi sereal. Makanan ini mengandung protein 6,3 gram dalam dua sendok makan saja. Makanan yang menandung protein biji rami juga menyimpan asam alpha-linolenat yang merupakan sumber utama dari asam lemak omega-3.

14. Chickpeas

Makanan yang mengandung protein lainnya adalah chickpeas. Ia tak hanya tinggi protein namun juga nutrisi sehat yang mampu merangsang tubuh untuk menghasilkan hormon penekan rasa lapar yaitu cholecystokinin sehingga mengonsumsinya secara teratur akan membuatmu terhindar dari kebiasaan untuk makan berlebihan. Selain itu, chicpeas juga berkhasiat untuk mengurangi peradangan usus karena konsumsi gula.

15. Kacang Edamame

Kacang edamame lekat dengan pola makan sehat. Sebab, kacang ini tinggi protein serta asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk membangun otot.

Topik berita Terkait:
  1. Fakta Kesehatan
  2. Makanan Sehat
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini