12 Olahan enak untuk mengakali buah-buahan masam

Selasa, 15 Agustus 2017 13:38 Reporter : Tantri Setyorini
Ilustrasi saus buah. © Pinterest/Kevin (Closet Cooking)

Merdeka.com - Kita semua pasti pernah keliru membeli buah yang masam atau mendapat oleh-oleh buah kecut dari kerabat atau teman. Buah seperti ini memang kurang sedap jika dimakan mentah-mentah. Tetapi jangan dibuang dulu. Masih bisa diolah menjadi berbagai makanan yang enak, kok. Variasinya pun sangat banyak. Kita tinggal menambahkan bahan-bahan lain. Beberapa bahkan bisa disimpan sampai berbulan-bulan.

Rujak


Ilustrasi rujak manis Pinterest/Resepkoki.co

Mengolahnya menjadi rujak merupakan cara paling mudah untuk memanfaatkan buah-buahan dengan citarasa asam. Kalau kamu sudah terbiasa dengan rujak serut, rujak bebeg, atau rujak manis, sesekali coba diolah menjadi rujak kuah pindang khas Bali yang tak kalah nikmat.

Selai

Ilustrasi selai kiwi Amuse Your Bouche

Untuk buah-buahan yang sudah matang tapi masih terasa kecut seperti anggur, kiwi, stroberi, apel, dan nanas, bisa diolah menjadi selai.

Cara membuatnya pun mudah. Cukup parut atau blender buah, kemudian masak bersama gula pasir sampai kental. Tambahkan pectin dan kamu sudah bisa mendapatkan jelly yang enak untuk olesan roti.

Asinan buah


Ilustrasi asinan buah Instagram.com/sudjono_ririn

Buah yang asam seperti mangga, kedondong, atau rambutan memang pas diolah menjadi asinan. Tetapi jambu monyet, apel, nanas, salak, dan anggur juga enak diolah menjadi makanan yang satu ini.

Cara membuatnya cukup dengan mencampurkan irisan buah dengan gula pasir, garam, cabai, dan air perasan jeruk nipis. Tunggu sampai buah mengeluarkan air, kemudian sajikan dalam keadaan segar.

Smoothie


Ilustrasi smoothie Pinterest/Hungry.gr

Smoothie bisa jadi solusi enak pengganti makan karena kaya akan serat yang mengenyangkan. Blender saja buah yang asam (nanas, stroberi, anggur, kiwi) dan buah yang lebih manis (pisang, apel manis) dengan perbandingan sama, kemudian kombinasikan dengan susu kedelai, susu segar, yogurt, santan, atau protein powder. Boleh juga ditambahkan sayuran hijau segar. Perbandingan antara sayur dan buah adalah 1:3 agar smoothie tidak terasa langu. [tsr] SELANJUTNYA

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini