12 Manfaat Tea Tree Oil Selain Mengatasi Jerawat dan Ketombe

Rabu, 13 Januari 2021 13:50 Reporter : Tantri Setyorini
12 Manfaat Tea Tree Oil Selain Mengatasi Jerawat dan Ketombe Ilustrasi tea tree oil. ©Shutterstock

Merdeka.com - Tea tree oil adalah minyak atsiri yang diekstrak dari tanaman Melaleuca alternifolia dari Australia. Minyak esensial ini paling dikenal sebagai obat jerawat dan ketombe alami.

Walaupun begitu, sebenarnya tea tree oil memiliki khasiat yang lebih beragam. Berikut ini beberapa di antaranya yang mungkin belum pernah Anda dengar.

1. Bisa Dimanfaatkan Sebagai Hand Sanitizer

Dilansir Healthline, tea tree oil bisa dimanfaatkan sebagai hand sanitizer alami. Sejumlah penelitian menunjukkan tea tree oil mampu membunuh beberapa jenis bakteri dan virus penyebab penyakit, termasuk E. coli, S. pneumoniae, dan H. influenzae. Sebuah studi juga membuktikan penambahan tea tree oil pada sabun antiseptik bisa meningkatkan efektivitasnya dalam membunuh E. coli.

2. Bisa Dimanfaatkan Sebagai Deodoran Alami

Sifat antibakteri yang dimiliki tea tree oil bisa membantu mengontrol bakteri penyebab aroma tak sedap pada ketiak dan bau badan pada umumnya.

3. Bisa Dimanfaatkan Sebagai Antiseptik untuk Luka Ringan

Luka yang terbuka bisa menjadi sarang kuman penyebab infeksi. Tea tree oil bisa difungsikan sebagai antiseptik untuk luka sayat dan luka gores ringan, karena bisa membunuh S. aureus penyebab infeksi. Anda bisa mengoleskan setetes tea tree oil yang sudah diencerkan dengan satu sendok makan minyak kelapa murni (bukan minyak kelapa sawit) maksimal dua kali sehari. Setelah itu, tutup luka dengan plester.

Baca Selanjutnya: 4 Membantu Proses Penyembuhan Luka...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini