10 Makanan enak ini ternyata bisa sembuhkan flu lebih cepat

Kamis, 7 Desember 2017 16:16 Reporter : Tantri Setyorini
Ilustrasi soto ayam. © ResepKoki

Merdeka.com - Musim hujan sudah menyambangi sebagian besar daerah di Indonesia. Disertai dengan cuaca ekstrem yang melanda selama beberapa hari belakangan. Cuaca seperti ini tentunya bisa berdampak negatif bagi kesehatan kita. Dan salah satu penyakit yang paling sering menyerang adalah flu.

Cara terbaik untuk mengusir flu adalah melalui makanan. Pasalnya nutrisi yang baik bisa membantu untuk menguatkan kekebalan tubuh yang sedang lemah. Sayuran hijau, kunyit, bawang putih, ayam, buah-buahan, dan bahan makanan yang mengandung probiotik merupakan beberapa obat alami untuk flu.

Sekadar inspirasi, berikut ini kami tampilkan beberapa menu masakan dengan kandungan nutrisi yang baik untuk penderita flu.

Limun jahe


Ilustrasi limun jahe Epicurious


Ginger lemonade atau limun jahe merupakan sumber vitamin C yang baik untuk memperbaiki kekebalan tubuh saat flu. Jahe di dalamnya dapat membantu menghangatkan tubuh serta melegakan tenggorokan. Tambahkan beberapa sendok madu untuk membunuh virus dan meredakan batuk yang kadang menyertai flu.

Konsumsi limun jahe selagi masih hangat, sebab khasiatnya lebih kuat daripada limun dingin. Kamu pasti sudah pernah mendengar khasiat beragam air lemon hangat, kan?

Soto ayam


Ilustrasi soto ayam The New York Times

Tak ada salahnya meniru kebiasaan barat menyantap sup ayam saat flu. Pasalnya ayam memang kaya akan vitamin B6, vitamin B12, dan seng yang penting untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

"Makanan cair yang masih panas seperti sup bisa meningkatkan suhu tubuh, mempermudah sekresi mukus," tutur Alissa Rumsey, ahli gizi dari Academy of Nutrition and Dietetics. "Selain itu, saat Anda memasak ayam, ayam akan mengeluarkan asam amino cysteine yang menyerupai obat untuk bronkitis."

Coba sediakan sup ayam asli Indonesia alias soto ayam yang bahkan jauh lebih berkhasiat. Soto ayam kuning dibumbui dengan kunyit yang kaya curcumin. Ini merupakan kandungan istimewa yang memiliki khasiat untuk membunuh virus.

Wedang teh apel

Ilustrasi wedang teh apel Columbia County Magazine


Menurut hasil riset yang dilakukan oleh para peneliti dari Cardiff University, minuman panas bisa meredakan bersin, sakit tenggorokan, meriang, dan rasa lelah saat flu.

Coba sediakan wedang teh hijau atau teh hitam disertai irisan apel. Teh hijau dan teh hitam merupakan sumber antioksidan L-theanine yang bisa memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

Apel akan memberikan suntikan vitamin C dan aroma harum yang menenangkan. Tambahkan sedikit cengkih atau kayu manis untuk memperkuat efek menghangatkan tubuh.

Sambal bawang

Ilustrasi sambal bawang YouTube/Resep Masakan Nusantara


Bagi beberapa orang, nafsu makan yang hilang saat flu hanya bisa dikembalikan dengan makanan pedas. Tak ada salahnya menyantap sambal bawang sebagai pelengkap nasi dan lauk. Pasalnya bawang putih kaya akan allicin yang memiliki khasiat anti-mikroba dan anti-bakteri. Menurut beberapa penelitian, bawang putih bisa memperpendek periode demam saat flu.

"Bawang putih juga baik untuk perkembangbiakan bakteri sehat yang akan membantu membersihkan racun, bakteri, dan virus di dalam tubuh," tutur ahli gizi New York, Anita Mirchandani.

Sementara capsaicin di dalam cabai akan membantu melegakan tenggorokan dan hidung mampet dengan mengikis mukus.

Apel panggang

Ilustrasi baked apple Simply Recipes


Apel utuh yang dipanggang merupakan cemilan pas saat nafsu makan hilang. Rasanya yang manis dengan tambahan gula dan mentega di bagian tengah akan membuat kita bisa menyantapnya dengan mudah.

Apel bisa menjadi sumber vitamin C yang baik untuk memperbaiki kekebalan tubuh. Santap bersama cairan yang dihasilkan saat proses pemanggangan untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Silakan membuat hidangan simpel ini lewat resep yang sudah kami tampilkan di sini. Apel bisa diganti dengan buah pir. [tsr] SELANJUTNYA

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.