10 Cara murah merawat warna rambut

Selasa, 29 Maret 2016 04:00 Reporter : Dwi Ariyani
10 Cara Murah Merawat Warna Rambut. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Selain merias wajah, mengaplikasikan cat rambut juga dapat mengubah tampilanmu dalam sekejap. Tapi ribet dan mahalnya cara perawatan rambut rusak yang harus dilakukan usai mengecat rambut, terus membayangimu. Tenang, ada sederet tips yang bisa digunakan sebagai cara perawatan rambut yang sudah diwarnai. Check this out!

1. Mencampur Warna Rambut Ombre dan Highlight
Gaya rambut ombre merupakan teknik pewarnaan rambut, dengan ujung rambut yang terlihat lebih terang. Buat yang ingin mewujudkan trend gaya rambut 2016 dengan melakukan teknik pemakaian cat rambut ini, tambahkan highlight sebagai efek mendalam. Lakukan dengan hati-hati, untuk membatasi area rambut yang tidak diwarnai.

2. Mempercepat Proses Highlight
Untuk mendapatkan warna rambut yang bagus dan maksimal, coba deh untuk mempercepat proses highlight. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan membungkus rambut menggunakan plastik. Setelah bungkusan plastik menutup rambut dengan aman, gunakan hair dryer dengan pengaturan suhu rendah. Cara perawatan rambut ini bikin rambut yang diwarnai tetap sehat dan kuat.

3. Gunakan Macam-Macam Warna Rambut
Sebal rasanya melihat cat rambut yang diaplikasikan ternyata tidak menghasilkan warna rambut yang diinginkan. Hindari menggunakan satu warna cat rambut saat mewarnai rambut tahap pertama, tapi manfaatkan macam-macam warna rambut dan mengaplikasikannya pada satu garis pada saat proses pewarnaan. Agar mendapatkan model warna rambut yang lebih lembut dan alami, tambahkan satu level warna cat rambut yang lebih terang di bagian rambut yang telah diwarnai tahap pertama.

4. Kurangi Jadwal Mencuci Rambut
Agar warna rambut tidak mudah memudar dan bertahan cukup lama, hindari mencuci rambut atau keramas terlalu sering, apalagi jika melakukannya setiap hari. Biasanya rambut yang diwarnai lebih rentan terhadap sampo yang mengandung bahan kimia. Selain membuat warna rambut cepat hilang, cara ini dapat menghilangkan minyak alami rambut. Rambut jadi kering, kusam, dan kasar.

5. Teliti Memilih Produk Perawatan Rambut
Walau sudah mengaplikasikan cat rambut, bukan berarti menghindari mencuci rambut lho. Cara perawatan rambut ini tetap harus dilakukan untuk menghilangkan kotoran dan polusi yang menempel pada rambut, yang bikin tampilanmu terlihat kusam. Cukup cuci rambut minimal seminggu sekali dengan menggunakan produk perawatan rambut yang tepat. Pilih shampo bebas sulfat yang diformulasikan khusus untuk rambut yang diberi cat rambut. Jangan lupa aplikasikan kondisioner sebagai cara merawat rambut agar terhindar dari kering dan ujung rambut bercabang.

6. Rutin Memakai Masker Rambut
Bahan kimia di dalam pewarna rambut dapat menyebabkan rambut kering dan kusut. Untuk menjaga kelembapan rambut, gunakan masker rambut secara teratur, sebagai cara merawat rambut. Gunakan masker rambut dari bahan alami seperti minyak kelapa atau zaitun, setidaknya sekali dalam seminggu. Mudah dan murah!

7. Teliti Kondisi Air
Tanpa disadari kondisi air yang tidak bersih dan mengandung terlalu banyak klorin dapat menyebabkan berbagai masalah rambut. Selain membuat rambut terlihat kusam, klorin juga dapat melunturkan warna cat rambut. Gunakan air yang mengandung lebih sedikit klorin sebagai cara perawatan rambut yang diwarnai. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan shower yang dapat menyaring bahan kimia tertentu, yang terkandung di dalam air.

8. Jaga dari Terik Matahari
Untuk menjaga warna rambut tetap cantik, hindari berada di bawah sinar matahari tanpa perlindungan. Gunakan topi atau scarf untuk melindungi rambut, sekaligus menjadikan tampilanmu terlihat trendy. Tambahkan serum khusus sebagai cara perawatan rambut diwarnai dan gunakan setiap hari sebelum keluar rumah.

9. Cara Tepat Keringkan Rambut
Sering menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut? Panas yang dihasilkan juga dapat memudarkan warna rambutmu lho. Batasi penggunaan alat ini dan biarkan rambut kering secara alami. Kamu juga bisa menggunakan serum sebelum memakai pengering rambut sebagai cara merawat rambut, agar tetap terjaga kelembapannya.

10. Gunakan Handuk Lembut
Daripada menggunakan pengering rambut, bungkus rambut menggunakan handuk lembut. Jangan menggosok-gosokkan rambut secara kasar, karena membuat helai rambut bergesekan satu sama lain. Tidak hanya membuat cat rambut mudah memudar, tapi juga membuatnya jadi kusut dan ujungnya bercabang. Lanjutkan dengan menyisirnya menggunakan sisir bergigi jarang ya.

Cukup mudah kan beberapa cara perawatan rambut yang sudah diwarnai ini. Lakukan secara teratur agar rambut tetap sehat, walau sering berganti warna rambut mengikuti trend warna rambut.

BACA JUGA:
Saat Ingin Menghapus Warna Rambut, Apa Yang Harus Dilakukan?
Warna Rambut yang Cocok Untuk Pemilik Kulit Coklat
Mau Tampil Beda Dengan Tren Warna Rambut Terbaru? [aik]

Topik berita Terkait:
  1. Cara Merawat Rambut
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.