10 Buah eksotis dari berbagai negara, sudah pernah coba? [Part 1]

Senin, 2 Februari 2015 16:43 Reporter : Tantri Setyorini
10 Buah eksotis dari berbagai negara, sudah pernah coba? [Part 1] Buah ackee. ©2014 Merdeka.com/www.flickr.com

Merdeka.com - Durian, manggis, dan kedondong adalah beberapa buah lokal yang populer di Indonesia. Buah-buahan ini biasa dikonsumsi di kawasan Asia Tenggara dan sekitarnya.

Tetapi bagi warga negara lain yang tidak pernah mendengar atau menyantapnya, durian dan kedondong bisa digolongkan sebagai buah eksotis. Bagi beberapa warga asing, rasanya yang tak biasa cukup mengejutkan bagi lidah mereka. Terutama yang memiliki aroma tajam seperti durian.

Setiap daerah, setiap negara punya jenis flora yang berbeda-beda. Dan ini mengakibatkan tanaman buah yang tumbuh di sana beragam pula.

Dari Afrika, Amerika, Asia, dan Australia, berikut ini kami tampilkan beberapa buah-buahan eksotis yang kemungkinan belum Anda pernah Anda cicipi.

10 Buah eksotis dari berbagai negara, sudah pernah coba? [Part 2]

1. Akebi

Photo credit

Akebi adalah buah eksotis asli dari Jepang. Bagian dalamnya yang berwarna putih dan dipenuhi biji tampak seperti markisa. Bagian inilah yang biasa disantap oleh warga Jepang.

Sementara kulitnya yang berwarna ungu cerah biasa diolah dan disajikan sebagai sayur.

2. Beri ajaib

Photo credit

Synsepalum dulcificum atau lebih dikenal dengan nama buah ajaib termasuk golongan buah-buahan beri. Buah mungil berwarna merah yang sekilas tampak seperti goji berry ini jika dimakan bisa membuat buah yang asam terasa manis.

Coba makan jeruk asam setelah mengunyah beri ajaib. Jeruk tersebut akan terasa manis. Ini disebabkan kandungan miraculin dalam beri ajaib.

3. Jabuticaba

Photo credit

Photo credit

Sudah pernah mendengar tentang jabuticaba? Jabuticaba adalah buah sejenis anggur yang ditemukan di negara bagian Minas Gerias dan Sao Paulo, Brasil. Sekilas buah yang menurut Wikipedia disebut anggur Brasil ini tampak seperti buah rukem dari Indonesia. Hanya saja warnanya lebih gelap. Buah ini biasanya dimakan mentah, dibuat jeli, atau diperas dan dijadikan minuman jus.

Keunikan buah jabuticaba terletak pada cara tumbuhnya. Buah ini tumbuh langsung dari kulit batang pohon. Saat buah jabuticaba tumbuh, pohonnya akan tampak seperti ditempeli bola-bola hitam. Jabuticaba termasuk buah musiman, hanya berbuah sekali atau dua kali dalam setahun, biasanya dalam bulan Mei.

4. Ackee

Photo credit

Photo credit

Photo credit

Buah yang satu ini bentuknya mirip apel, berasal dari Afrika dan terkenal beracun. Tetapi orang-orang dari benua itu justru gemar mengonsumsinya sebagai makanan pokok.

Ackee sebenarnya masih bersaudara dengan buah lengkeng dan leci. Penggunaan ackee dalam kuliner Jamaika sangat sering ditemui. Ackee bahkan diklaim sebagai buah nasional Jamaika.

5. Melon kiwano

Photo credit

Melon kiwano disebut juga dengan melon bertanduk. Asalnya dari Afrika, namun juga tumbuh di California, Chili, Australia, dan Selandia Baru.

Bagian dalamnya seperti timun, namun rasanya mirip seperti campuran lemon dan pisang. Biasanya melon ini dihidangkan sebagai campuran salad atau garnish makanan.

6. Tangan Buddha

Photo credit

Dari namanya saja sudah terdengar unik. Tangan Buddha adalah sejenis jeruk sitrus yang cukup populer di Asia.

Bentuknya seperti jari-jari tangan yang mencuat. Namun rasanya mirip dengan buah lemon.

7. Paw Paw

Photo credit

Photo credit

Asimina triloba atau lebih populer dengan nama paw paw adalah buah yang dikenal sebagai pisangnya orang miskin. Dari luar bentuknya mirip seperti mangga dan pisang muda. Tetapi bagian dalamnya merupakan perpaduan antara daging buah pepaya dan aroma pisang.

Buah ini biasa ditemui di Amerika Serikat dan Kanada, namun masih sulit dijumpai di negara lain.

8. Num num

Photo credit

Carissa macrocarpa atau biasa disebut num-num, plum Natal, dan amatungulu adalah buah asli dari Afrika Selatan. Buah ini cukup terkenal pula di Uganda dan Mozambik.

Num-num memiliki buah yang bentuknya mirip dengan buah pinang, namun berwarna merah muda. Biasa disantap dalam keadaan mentah atau diolah menjadi selai.

9. Honey berry

Photo credit

Buah berry yang satu ini memiliki bentuk yang cukup unik. Seperti terompet dengan warna yang menyerupai blueberry.

Buah bernama latin Lonicera caerulea ini tumbuh di kawasan barat daya Asia dan Amerika utara. Rasanya seperti blueberry dan raspberry. Biasa diolah sebagai bahan campuran es krim, selai, dan anggur.

10. Limau darah

Photo credit

Blood lime atau limau darah adalah buah unik asal Australia. Buah ini memiliki bentuk seperti buah limau pada umumnya, namun kulitnya berwarna merah tua. Daging buahnya juga berwarna merah dan bercitarasa agak manis.

Itulah 10 buah eksotis dengan penampilan dan rasa unik dari berbagai belahan dunia. Mana yang sudah pernah Anda cicipi? [tsr]

Topik berita Terkait:
  1. Kuliner Unik
  2. Top List
  3. Jakarta Pusat
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini