10 Bahan alami dengan khasiat ajaib, tunda munculnya gejala penuaan

Senin, 24 Oktober 2016 11:27 Reporter : Tantri Setyorini
10 Bahan alami dengan khasiat ajaib, tunda munculnya gejala penuaan Ilustrasi pisang dan teh hijau. © WhyDontYouTryThis

Merdeka.com - Siapa bilang manfaat anti-penuaan dini hanya bisa didapat dari krim anti-aging mahal? Pada dasarnya, krim-krim kecantikan itu juga menggunakan ekstrak bahan aktif yang terdapat dalam tumbuhan.

Daripada menggunakan krim yang mahal, tak ada salahnya untuk mencoba resep anti penuaan dari bahan alami seperti minum teh hijau, masker herbal, dan pemijatan dengan minyak tumbuhan. Kuncinya cuma telaten melakukan perawatan. Dengan begitu, hasil yang didapat bisa semaksimal krim anti-aging.

Bahan-bahan alami apa saja yang bisa kita gunakan untuk menunda munculnya tanda-tanda penuaan? Berikut ini 10 di antaranya yang dirangkum dari Stylecraze.

Timun


Ilustrasi mentimun. Shutterstock/Marie C Fields

Timun merupakan sumber air, vitamin A, vitamin B2, dan vitamin C yang penting untuk menjaga kulit tetap lembap dan terasa kenyal.

Penggunaan masker dari parutan timun segar di wajah dan tubuh secara teratur akan membuat kulit senantiasa kencang lebih lama.

Castor oil


Ilustrasi minyak castor. organicoilstore.com

Castor oil atau minyak jarak memiliki banyak kegunaan, antara lain mengatasi berbagai masalah kulit dan mencegah munculnya keriput. Gunakan untuk pemijatan di area leher dan wajah sebelum tidur.

pisang


Ilustrasi buah pisang. 2012 tomakebeauty.info

Buah favorit monyet ini merupakan sumber zat besi yang penting untuk mengencangkan kulit. Selain itu, pisang juga kaya pelembap alami yang bisa membantu menjaga kekenyalan kulit.

Untuk memanfaatkan buah pisang, ambil daging buahnya yang sudah masak dan lumatkan. Setelah itu gunakan sebagai masker wajah.

Yogurt


Ilustrasi yogurt. Shutterstock/mama_mia

Protein dalam yogurt sangat dibutuhkan untuk kulit yang sehat dan kencang. Gunakan sebagai campuran masker wajah. Selain itu, masker yogurt juga bisa membuat wajah lebih bercahaya.

Kubis


Ilustrasi kubis. 2013 Merdeka.com/Shutterstock/JIANG HONGYAN

Kubis atau kol merupakan sumber berbagai vitamin yang penting untuk kesehatan kulit, antara lain vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K. Sayuran yang satu ini bisa disulap menjadi masker atau toner pengencang kulit. Cukup blender kubis segar untuk campuran masker atau rebus kubis dengan air untuk bahan toner. [tsr] SELANJUTNYA

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini