Freeport-McMoRan

Freeport-McMoRan

ARSIP BERITA
  • Analis kebijakan mineral, Rachman Wiriosudarmo angkat bicara terkait polemik divestasi 51 persen saham Freeport. Dia-pun memberi masukan kepada pemerintah yang mengedepankan kepentingan nasional dan kedaulatan negara dalam kesepakatan ini.

  • Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dan Direktur Utama PT Inalum Budi Gunadi Sadikin ke Istana Kepresidenan Jakarta. Jokowi meminta laporan perkembangan negosiasi PT Freeport Indonesia.

  • PT Freeport Indonesia berkomitmen menciptakan kemandirian masyarakat Mimika, Papua, melalui pengembangan ekonomi berbasis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang memiliki daya saing tinggi.

  • Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan berkunjung ke Washington DC, Amerika Serikat (AS). Luhut juga bertemu dengan Menteri Perdagangan AS Wilbur Louis Ross untuk membicarakan perihal perdagangan antara Indonesia-Amerika. Salah satunya, membahas mengenai hasil negosiasi Freeport di Indonesia.

  • Menteri Rini tunjuk Budi Gunadi Sadikin pimpin Inalum untuk ambil saham Freeport. Budi mengungkapkan dirinya belum mendapat angka pasti soal besaran divestasi saham Freeport yang akan dibeli Inalum. Sebab, skema ini masih dalam pembahasan bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri ESDM Ignasius Jonan.

  • Pemerintah dan PT Freeport tengah bernegosiasi mengenai skema divestasi 51 persen saham perusahaan asal Amerika Serikat tersebut. Kedua belah pihak belum menemui titik temu mengenai harga dan skema pelepasan. Kebijakan divestasi merupakan amanat dari UU Minerba tahun 2009.

  • Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan pelepasan saham atau divestasi saham PT Freeport Indonesia mundur menjadi awal tahun 2019. Sebelumnya, proses pelepasan saham tersebut direncanakan rampung pada Desember 2018.

  • Kepala Pusat Bantuan Hukum Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Riyatno berharap agar perundingan antara pemerintah dengan PT Freeport Indonesia berjalan dengan baik. Sebab, hal ini akan berpengaruh pada iklim investasi dalam negeri.

  • Investasi proyek pertambangan pada umumnya berskala besar dan berisiko tinggi. Selain itu penambangan memerlukan investasi terus menerus untuk keperluan persiapan sebelum dilakukan penggalian badan bijih yang dituju. Perusahaan pertambangan pada umumnya menggunakan keuntungan usaha untuk dana investasi pengembangan.

  • Anggota Komisi VII DPR RI, Ramson Siagian mengaku senang dengan keberhasilan pemerintah yang berhasil melakukan negosiasi divestasi saham sebesar 51 persen. Sebab, selama 40 tahun, untuk pertama kalinya pemerintah mampu ambil alih saham Freeport.

  • Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melaporkan 687 hasil pemeriksaan yang termuat 14.997 permasalahan kepada Presiden Joko Widodo. Salah satunya soal royalti PT Freeport Indonesia yang menggunakan tarif lebih rendah dalam Kontrak Karya (KK) dari besaran tarif industri pertambangan saat ini.

  • Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melaporkan 687 hasil pemeriksaan yang termuat 14.997 permasalahan kepada Presiden Joko Widodo. Salah satunya soal royalti PT Freeport Indonesia yang menggunakan tarif lebih rendah dalam Kontrak Karya (KK) dari besaran tarif industri pertambangan saat ini.

  • Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memperkirakan divestasi saham Freeport sebanyak 51 persen bernilai USD 4 miliar atau setara Rp 54 triliun. Hitungan tersebut sesuai dengan valuasi jika diproyeksikan Freeport McMoran (FCX) di bursa saham New York memiliki nilai pasar USD 20,74 miliar.

  • IUPK sementara ini akan berlaku sepanjang perundingan mengenai keputusan operasional jangka panjang berlangsung. Adapun, perundingan ini memakan waktu delapan bulan sejak 10 Februari 2017 berlaku hingga tanggal 10 Oktober 2017. IUPK sementara Freeport pun akan berlaku hingga Januari 2018.

  • Komisi VII kembali mempertanyakan strategi-strategi pemerintah dalam rangka menyelesaikan negosiasi dengan PT Freeport Indonesia. Menteri Ignasius Jonan mengungkapkan terdapat beberapa poin strategi pemerintah yang tidak dapat diberitahukan secara terbuka. Dia meminta untuk pembicaraan dapat dilakukan tertutup.

  • Komisi VII DPR RI menggelar rapat dengar pendapat bersama jajaran Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Senin (9/10). Dalam rapat tersebut, Menteri ESDM Ignasius Jonan menjelaskan proses divestasi saham Freeport merupakan tanggung jawab Menkeu Sri Mulyani dan Menteri BUMN Rini Soemarno.

  • Berdasarkan instruksi Presiden Joko Widodo, Menteri Jonan diminta kembali terlibat dalam proses perundingan dengan PT Freeport bersama dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri BUMN Rini Soemarno. pemerintah mengharapkan proses perundingan dengan PT Freeport Indonesia dapat selesai dalam proses lebih singkat.

  • Perusahaan induk PT Freeport Indonesia, Freeport McMoran telah melayangkan surat ke pemerintah Indonesia. Dalam surat tersebut, Freeport belum setuju pengajuan divestasi 51 persen saham yang diinginkan pemerintah.

  • "Ini kan masih proses. Nanti ketemu tim kita, Bu Menteri BUMN, Menkeu, Menko Kemaritiman dalam satu tim nanti bertemu, namanya negosiasi alot ya biasa. Sudah 3 tahun kok ini otot-ototan masalah negosiasi itu dan ini hampir final. Saya yakin win-win lah. Saya yakin akan selesai."

  • Perusahaan induk PT Freeport Indonesia, Freeport McMoran telah melayangkan surat ke pemerintah Indonesia. Dalam surat tersebut, Freeport belum setujui pengajuan divestasi saham yang dilakukan pemerintah.