Potret Kehidupan Umat 'Kristen Tersembunyi' yang Nyaris Punah di Jepang

Rabu, 20 November 2019 15:27:53 Reporter : Nanda Farikh Ibrahim
Potret Kehidupan Umat 'Kristen Tersembunyi' yang Nyaris Punah di Jepang. Umat 'Kristen Tersembunyi' menjadi perhatian menjelang kedatangan Paus Fransiskus ke Jepang pada 23-26 November 2019. Penganut keyakinan tersebut kini berada di ambang kepunahan ketika kaum muda meninggalkan daerah-daerah pedesaan.
Masaichi Kawasaki berlutut di depan sebuah altar yang dihiasi gambar Perawan Maria sambil melantunkan 'orasho', nyanyian lagu gereja yang diwariskan selama berabad-abad di rumahnya di Pulau Ikitsuki, Nagasaki, Jepang, pada 5 November 2019. Kawasaki merupakan salah satu dari sejumlah kecil

Masaichi Kawasaki berlutut di depan sebuah altar yang dihiasi gambar Perawan Maria sambil melantunkan 'orasho', nyanyian lagu gereja yang diwariskan selama berabad-abad di rumahnya di Pulau Ikitsuki, Nagasaki, Jepang, pada 5 November 2019. Kawasaki merupakan salah satu dari sejumlah kecil "Kakure Kirishitan" atau "Kristen Tersembunyi" di Jepang, keturunan orang-orang yang memelihara iman mereka secara rahasia selama berabad-abad terjadinya penganiayaan.

©REUTERS/Issei Kato
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini