Faisal Basri

Foto:

Faisal Basri


Nama Lengkap : Faisal Basri

Alias : Faisal Batubara

Profesi : Ekonom

Tempat Lahir : Bandung, Jawa Barat

Tanggal Lahir : Jumat, 6 November 1959

Zodiac : Scorpion

Warga Negara : Indonesia


No Relation
BIOGRAFI
Faisal Batubara atau yang lebih dikenal dengan nama Faisal Basri adalah seorang ekonom dan politikus asal Indonesia. Faisal Basri lahir di Bandung tanggal 6 November 1959. Nama belakangnya, Basri diambil dari nama ayahnya, Hasan Basri Batubara, sebagai salah satu bentuk penghargaan kepada ayahnya. Pria berdarah Batak yang juga merupakan salah seorang keponakan dari mendiang Wakil Presiden RI Adam Malik ini turut menjadi salah satu pendiri Mara (Majelis Amanah Rakyat) yang nantinya akan berkembang menjadi Partai Amanat Nasional hingga akhirnya dia dipercaya menjadi Sekretaris Jenderal yang pertama dan pasca Kongres I di Yogyakarta dipercayakan sebagai salah satu Ketua.

Selengkapnya

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Rabu, 15 Agustus 2018 17:30:52 Faisal Basri: Petani Indonesia masih hidup dalam kemiskinan

    Dia mengungkapkan, sebagian besar 40 kelompok terbawah tersebut berprofesi sebagai petani di desa. Oleh sebab itu, pemerintah harus lebih gencar lagi dalam mensejahterakan kaum tani dan mengangkat nasib rakyat paling bawah tersebut.

  • Rabu, 15 Agustus 2018 14:57:26 Faisal Basri: Nilai tukar Rupiah saat ini terburuk sepanjang sejarah

    Faisal membandingkan kondisi saat ini dengan beberapa tahun ke belakang. Tahun ini, rata-rata nilai tukar Rupiah tidak lebih baik bahkan dari tahun 1998.

  • Selasa, 31 Juli 2018 19:05:45 Faisal Basri terus desak pemerintah salurkan logistik lewat laut

    Ekonom senior Faisal Basri terus mendesak pemerintah untuk memanfaatkan keberadaan laut dalam pendistribusian barang logistik. Menurutnya, ongkos yang dikeluarkan negara akan jauh lebih hemat bila dapat mengelola laut sebagai jalur logistik ketimbang darat.

  • Rabu, 11 Juli 2018 18:24:04 Ini obat pelemahan Rupiah untuk jangka waktu menengah

    Faisal mengatakan, pemerintah harus memperbaiki neraca perdagangan yang terus defisit. Salah satunya dengan mencari pasar baru untuk ekspor mengingat saat ini perang dagang tengah terjadi di negara mitra dagang Indonesia seperti China-Amerika Serikat.

  • Senin, 30 Oktober 2017 12:27:21 Analisa Faisal Basri soal target pajak jarang tercapai

    Ekonom Universitas Indonesia, Faisal Basri, mengatakan target penerimaan pajak yang ditetapkan pemerintah terlampau ambisius. Sebab, realisasi penerimaan pajak terlihat terus turun. Selain itu, dia pun mempertanyakan validitas data Wajib Pajak yang dimiliki oleh Direktorat Jenderal Pajak.

  • Kamis, 19 Oktober 2017 08:00:00 5 Pekerjaan rumah tak selesai di 3 Tahun Jokowi-JK

    Pemerintahan Jokowi-JK akan memasuki tahun ketiga dalam memimpin Indonesia pada 20 Oktober mendatang. Sepanjang perjalanan tersebut, ketimpangan masih menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan pemerintah.

  • Selasa, 19 September 2017 15:45:39 Faisal Basri: Jangan mimpi cari investasi baru, pertahankan sudah ada saja gak jalan

    "Pemerintah mendorong izin usaha bahkan mendorong perizinan satu atap percayalah itu akan sia-sia. Pemerintah harus mendorong pemanfaatan industri yang ada sekarang. Jangan ada yang kabur."

  • Rabu, 16 Agustus 2017 16:06:59 Saran Faisal Basri ke pemerintah untuk turunkan angka kemiskinan

    Pemerintah Jokowi menargetkan penurunan tingkat kemiskinan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2015-2019. Pada 2019, angka kemiskinan ditargetkan turun pada kisaran tujuh hingga delapan persen.

  • Kamis, 8 Juni 2017 16:48:59 Faisal Basri beberkan amburadulnya pengelolaan BUMN saat ini

    Selain itu, sejumlah BUMN menurut Faisal juga menjauh dari misinya. Makin banyak BUMN merambah bisnis yang bukan bisnis intinya. Misalnya, PT Adhi Karya dan PT Pegadaian yang kini merambah bisnis hotel.

  • Jumat, 24 Maret 2017 12:03:09 Jonan tepis anggapan Faisal Basri soal skema gross split tak menarik

    Jonan tepis anggapan Faisal Basri soal skema gross split tak menarik. Menteri Jonan menjawab suatu kebijakan tidak bisa langsung ditanggapi apakah itu baik atau buruk. Menteri Jonan mencontohkan dengan menggunakan filosofi membangun gedung dan pelabuhan.

  • Rabu, 8 Maret 2017 11:21:04 Faisal Basri: Holding BUMN itu sesat, apalagi Pertamina caplok PGN

    Menurutnya, Pertamina secara internal masih banyak carut marutnya. Dia menegaskan masih banyak mafia di tubuh Pertamina. Dari pada bicara holding, Faisal mengatakan akan lebih masuk akal jika meneruskan rencana PGN yang mengambil alih Pertagas yang notabene anak usaha Pertamina.

  • Rabu, 8 Maret 2017 09:23:48 Kritik Faisal Basri ke pemerintah mau beli 51 persen saham Freeport

    Faisal mengkritik pemerintah Indonesia yang ngotot ingin membeli saham Freeport. Menurutnya, langkah ini tidak akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

  • Selasa, 7 Maret 2017 20:21:08 Faisal Basri: Jokowi banyak lanjutkan kesesatan proyek SBY

    Faisal Basri: Jokowi banyak lanjutkan kesesatan proyek SBY. Menurutnya, kesalahan ini dimulai dari pembangunan jalan tol Trans Sumatera. Faisal menuding saat ini banyak pembantu presiden yang hanya menuruti kemauan Jokowi. Namun, tidak pernah menginformasikan bahwa proyek tersebut tidak sesuai kebutuhan masyarakat.

  • Senin, 13 Februari 2017 13:08:28 Faisal Basri: Holding BUMN itu jahat dan berbahaya

    Pengamat Ekonomi Faisal Basri menilai peraturan pemerintah nomor 72 tahun 2016 tentang tata cara penyertaan dan penataan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk membentuk Holding BUMN sangat tak efektif. Apalagi jika terbentuk Holding BUMN maka pemindahan aset tak perlu melalui pembahasan DPR.

  • Senin, 6 Februari 2017 17:56:52 Faisal Basri: Holding bukan satu-satunya cara menata BUMN RI

    Ekonom Universitas Indonesia Faisal Basri menilai pembentukan holding BUMN tidak ada payung hukumnya. Salah satunya, holding perbankan. Di mana, PT Danareksa (Persero) menjadi induk holding sektor pembiayaan. Holding tersebut tidak akan terjadi sinergi antar bank.

  • Rabu, 25 Januari 2017 14:05:10 Sebut Amran paling dilindungi Jokowi, Faisal Basri diserang Kementan

    Kementan membantah tudingan Faisal Basri yang menyebut Kementerian Pertanian tak bisa mengelola anggaran subsidi di sektor pertanian, terutama subsidi pupuk dan benih. Bahkan Kementan menilai Faisal Basri tak paham soal mengukur tingkat kesejahteraan petani.

  • Senin, 23 Januari 2017 14:02:57 Fasial Basri sebut Mentan Amran paling dilindungi Presiden Jokowi

    Pengamat Ekonomi dari Universitas Indonesia (UI) Faisal Basri menilai Menteri Pertanian Amran Sulaiman tak bisa mengelola anggaran subsidi di sektor pertanian, terutama subsidi pupuk dan benih. Menurutnya, petani bisa sejahtera dengan besaran anggaran yang diberikan untuk sektor pertanian, namun tak terjadi.

  • Senin, 5 Desember 2016 17:19:42 Faisal Basri prediksi ekonomi RI tahun depan hanya tumbuh 5 persen

    "Tahun ini prediksi saya 4,9 persen, tahun depan lima persen. Tahun depan lebih baik dari tahun lalu yaitu sekitar 4,8 persen," ujar Faisal.

  • Senin, 5 Desember 2016 16:32:57 Faisal Basri: Pencabutan subsidi listrik bebankan masyarakat miskin

    Mantan Ketua Tim reformasi Tata Kelola Migas ini menegaskan pencabutan subsidi listrik ini nantinya akan berdampak besar pada masyarakat yang berada di garis kemiskinan. Alasannya, pendapatan mereka tidak mengalami penurunan, sehingga pencabutan subsidi ini akan memperburuk kesejahteraan masyarakat.

  • Kamis, 1 Desember 2016 11:12:10 Pemerintah disarankan revisi UU Telekomunikasi

    "Kalau Undang-undang sendiri masih banyak yang harus diperbaiki kenapa engga UU-nya dulu yang diubah."

Berita Selengkapnya

Foto Selengkapnya