Eko Putro Sanjoyo

Foto:

Eko Putro Sanjoyo


Nama Lengkap : Eko Putro Sanjoyo

Alias : Eko Putro Sandjojo

Profesi : Birokrat

Agama : Islam

Tempat Lahir : Jakarta

Warga Negara : Indonesia


No Relation
BIOGRAFI

Eko Putro Sandjojo Merupakan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia pada Kabinet Kerja. Dia dilantik menggantikan Marwan Jafar yang merupakan rekan separtainya dari PKB sejak 27 Juli 2016.

Eko lahir di Jakarta pada 21 Mei 1965. Dia pernah menempuh pendidikan di Politeknik Negeri Jakarta sebelum kemudian meraih gelar sarjana di bidang elektro dari University of Kentucky pada 1991. Selanjutnya, dia mendapat gelar Master of Business Administration dari Institut Pengembangan Manajemen Indonesia (IPMI) Jakarta, pada tahun 1993. 

Pada tahun 1994 hingga 1997, Eko bekerja di PT Indonesia Farming sebagai General Manager. Tahun 1997, dia bergabung ke PT Sierad Produce Tbk hingga akhirnya menjadi Direktur Utama di perusahaan tersebut pada 2005. Pada 2007, Eko pindah ke Humpuss dan menjabat sebagai Direktur Utama. 

Tahun 2009, Eko kembali ke PT Sierad Produce Tbk dan menduduki jabatan sebagai Presiden Direktur. Selain itu, Eko juga merupakan Komisaris Independen PT Central Proteina Prima sejak tanggal 12 Juni 2015.

Selain keterlibatannya di bidang bisnis, Eko juga pernah mengikuti kursus kepemimpinan dalam pembangunan pascakonflik yang diselenggarakan oleh Universitas PBB di Amman, Yordania. Pada bidang politik, Eko juga merupakan seorang politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa.

Namanya mulai cukup santer disebut di bidang politik ketika dia terlibat sebagai Deputi Tim Transisi Presiden Joko Widodo. Sebagai salah satu anggota tim transisi, Eko disebut memiliki pengaruh yang cukup besar dengan mampu menempatkan empat orang menteri asal PKB pada Kabinet Kerja Jokowi-JK ini.

Pada tim transisi yang diketuai oleh Rini Soemarno ini, Eko memiliki tugas membawahi kelompok kerja di bidang perdagangan domestik, peningkatan ekspor, ekonomi kreatif, serta percepatan ekonomi Papua. Peran yang diembannya ini membuat Eko dipercaya akan menjadi menteri atau deputi di Kantor Staf Presiden. Namun rupanya Eko menyatakan bahwa dia tidak berminat menjadi pejabat dan masih akan fokus ke partai.

Namun rupanya pada 27 Juli 2016, Joko Widodo melakukan kocok ulang kabinet dan mengganti pejabat di pos Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Marwan Jafar, politisi dari PKB digantikan oleh Eko Putro Sandjojo yang berasal dari partai yang sama. Penunjukan ini membuat Eko berada lagi di lingkaran kekuasaan dekat Presiden Joko Widodo.

Riset dan analisa: Rizky Wahyu Permana

PENDIDIKAN
  • Electrical Engineering, University of Kentucky, Lexington (1991)
  • Master of Business Administration, Institut Pengembangan Manajemen Indonesia (IPMI) (1993)
KARIR
  • General Manager PT. Indonesia Farming (1994 – 1997)
  • Direktur Utama PT. Sierad Produce Tbk. (2005 – 2006)
  • Direktur Utama Humpuss (2006)
  • Presiden Direktur PT. Sierad Produce Tbk. (2009)
  • Komisaris Independen PT Central Proteina Prima Tbk (2015)
  • Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (2016-2019)
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA

Sebelumnya