Edgar Wilson Nye

Foto:

Edgar Wilson Nye


Nama Lengkap : Edgar Wilson Nye

Alias : Edgar Wilson 'Bill' Nye | Nye

Profesi : Seniman

Tempat Lahir : Shirley, Maine

Tanggal Lahir : Minggu, 25 Agustus 1850

Zodiac : Virgo

Warga Negara : Amerika Serikat


No Relation
BIOGRAFI

Dikenal berkat karikatur humor yang banyak menyedot perhatian pembaca surat kabar, nama Edgar Wilson "Bill" Nye lebih dikenal dengan sebutan Bill Nye. Bukan sekedar karikatur biasa yang berhasil digambarkan hingga akhirnya dinikmati jutaan pembaca surat kabar kala itu. Karikatur Nye lebih mengusung ke arah karikatur humoris yang selalu membuat jutaan pembacanya ber-gerrr ria.

Lahir di Shirley, Maine, 25 Agustus 1850, Nye memulai karirnya secara tidak sengaja. Mulanya, ia terdaftar pada akademi di daerah River Falls lalu melanjutkan sekolah hukum di Chippewa Falls dan sempat menjabat sebagai hakim perdamaian selama beberapa waktu. Pada tahun 1881, ia mendirikan Laramie Boomerang, sebuah media massa di mana ia juga menjabat sebagai editor di dalamnya. Tak hanya sebagai pendiri dan editor, ia pun turut menyumbangkan buah karyanya yang berupa karikatur lucu. Melalui Laramie Boomerang, namanya mulai dikenal orang, namun, tak setenar ketika ia bergabung dengan N.Y. World. 

Pada tahun 1986, karena alasan kesehatan, Nye memutuskan untuk pindah ke New York dan meninggalkan Wisconsin setelah sebelumnya meninggalkan Wyoming Territory. Pindah tempat itu artinya pindah kantor bagi Nye. Dan, benar saja, bergabung dengan kantor baru, N.Y. World, sebagai kolomnis tetap yang mengisi kolom karikatur, nama Nye nyatanya makin mendunia. Ia bahkan tak hanya dikenal sebagai kolomnis karikatur karena ia juga menulis dan menggambarkan karikatur lucunya dalam bentuk buku. Selama Nye hidup, ia berhasil menerbitkan tiga buah buku yang berjudul Bill Nye and Boomerang (1881), Forty Liars and other Lies (1882), dan Bill Nye's History of the United States (1894).

Kondisi kesehatan yang terus menurun ternyata memaksa Nye untuk pindah ke Arden pada tahun 1891. Di sana, Nye dinyatakan meninggal setelah lima tahun berselang. Nye meninggal akibat penyakit meningitis yang dideritanya. Ia dimakamkan di Kalvari Episkopal Churchyard, Fletcher, Henderson Country, North Carolina. Untuk menghormatinya, terdapat sebuah penanda sejarah, yang terletak di St Croix County, Wisconsin, di antara kota Roberts dan River Falls. Dan, sebuah monumen kecil menandai tempat kelahirannya yang ada di Shirley, Maine.

 

Riset dan Analisa: Atiqoh Hasan

KARIR
  • Laramie Boomerang
  • N.Y. World
PENGHARGAAN

Buku:

  • Bill Nye and Boomerang (1881)
  • Forty Liars and other Lies (1882)
  • Bill Nye's History of the United States (1894)
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
    Data Kosong

Sebelumnya