Eddie Johnson

Foto:

Eddie Johnson


Nama Lengkap : Eddie Johnson

Alias : Eddie

Profesi : Olahragawan

Tempat Lahir : Chester, Inggris

Tanggal Lahir : Kamis, 20 September 1984

Zodiac : Virgo

Warga Negara : Inggris


No Relation
BIOGRAFI

Edward William Johnson atau lebih dikenal dengan Eddie Johnson adalah mantan pemain sepak bola asal Inggris yang lahir pada 20 September 1984. Pemain yang memutuskan pensiun pada usia 28 tahun ini memulai kiprahnya di lapangan hijau dengan bergabung bersama akademi sepak bola Crewe Alexandra tahun 1994, saat ia berusia 10 tahun.

Lima tahun kemudian, ia hijrah ke salah satu klub Liga Premier, Manchester United sebagai pemain junior. Johnson mengikuti training di MU pada 2001 dan dua tahun kemudian menjadi salah satu pilar MU memenangi FA Youth Cup dengan menyumbangkan gol tunggalnya di laga final melawan Middlesbrough. Karena prestasinya ini, striker ini resmi masuk ke skuad utama Setan Merah.

Johnson memulai debutnya dalam pertandingan melawan Leeds United sebagai cadangan yang masuk ke lapangan pada menit ke 112. Dari total tiga musimnya sebagai salah satu starter Setan Merah, ia dipinjamkan ke tiga klub lain yaitu Royal Antwerp pada tahun 2004, Coventry City pada 2004-2005, dan Crewe Alexandra pada 2005-2006. Gagal memberi pengaruh di Manchester United, Johnson menjadi salah satu dari tujuh pemain yang dirilis pada transfer bebas pada akhir musim 2005-2006. Ia ditawari kontrak oleh Crewe dan berhasil memikat hati Bransley dan Bradford City.

Eddie, begitu ia akrab disapa akhirnya melabuhkan hatinya untuk Bradford City dan menandatangani kontrak 2 tahun. Debutnya di klub barunya ini harus diawali dengan cidera ligamen yang ia dapatkan saat pertandingan pra musim melawan Boston United. Johnson harus berjuang untuk mencetak gol di City dan gol pertamanya tercipta pada laga kemenangan City melawan Crewe dengan skor 3-0 ditambah dua gol lain selama musim pertamanya.

Pada awal musim 2007-2008, arsitek City pada masa itu, Stuart McCall tetap menempatkannya sebagai penyerang meskipun akhirnya menjadi pemain cadangan lagi. Selama masa kontrak dua tahun tersebut, Johnson melakoni total 71 pertandingan dengan 8 gol berhasil ia ciptakan. Pada Juni 2008, ia hijrah ke Chester City selama satu musim dengan total hanya 10 laga dan raihan 1 gol. Perjalanannya berlanjut ke Austin Alex, klub Divisi Satu. Masalah finansial melatar belakangi hijrahnya pemain berzodiak Virgo ini. Bermain dalam 49 laga dan 14 gol, ia mendapatkan tempat di USSF Division 2 Professional League.
    Prestasinya di Chester menarik perhatian Portland Timbers untuk mengajukan kontrak dan diterimanya pada perpanjangan musim 2011. Ia bermain sebanyak 7 pertandingan untuk klub terakhirnya ini dan raihan gol tunggal sebelum akhirnya mengumumkan untuk pensiun dari kancah sepak bola pada 20 April 2012, hari yang sama dengan datangnya Mike Fucito sebagai pengganti dirinya di Portland Timbers. Karir internasional Johnson dimulai saat ia dipanggil untuk masuk ke timnas U-20 Inggris di ajang FIFA World Cup Youth Championship pada tahun 2003 dengan total 3 pertandingan. 

Riset dan Analisa: Isti Kumalasari

PENGHARGAAN
  • individu (USSF D-2 Pro League Best XI: 2010)
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA

Sebelumnya