Xi Jinping Kunjungi Wuhan, Dinilai Tanda Kemenangan China Atasi Wabah Virus Corona

Rabu, 11 Maret 2020 13:00 Reporter : Merdeka
Xi Jinping Kunjungi Wuhan, Dinilai Tanda Kemenangan China Atasi Wabah Virus Corona Presiden China Xi Jinping jenguk pasien virus corona. JU PENG/XINHUA/AFP

Merdeka.com - Presiden China, Xi Jinping mengunjungi kota Wuhan, yang menjadi pusat wabah virus corona (Covid-19). Kunjungannya seakan mengirim pesan bahwa Beijing telah mampu mengendalikan situasi.

Kunjungan tersebut berlangsung saat China mencatat jumlah infeksi terendah, hanya 19 pada Selasa (10/3) di Wuhan, terlepas dari dua kasus yang menjangkiti warga yang baru tiba dari luar negeri. China telah melaporkan 80.754 kasus yang dikonfirmasi, 3.136 di antaranya telah meninggal.

Seperti dikutip dari BBC, Rabu (11/3), kunjungan itu adalah perjalanan pertama Xi ke kota Wuhan sejak wabah ini muncul akhir Desember lalu. Menurut media pemerintah, Xi tiba di Wuhan pada Selasa untuk memeriksa pelaksanaan pencegahan dan pengendalian epidemi di provinsi tersebut.

Provinsi Hubei, dimana Wuhan berlokasi, telah diisolasi untuk mencegah penyebaran penyakit. Selama kunjungannya, Xi menyatakan penyebaran penyakit itu "pada dasarnya diatasi" di Provinsi Hubei dan Wuhan.

"Kesuksesan awal telah dibuat dalam menstabilkan situasi dan membalikkan keadaan di Hubei dan Wuhan," katanya.

Media pemerintah China mengutip analis yang mengatakan kunjungan Xi telah mengirim "sinyal kuat ke seluruh negara dan dunia bahwa China bangkit dari saat yang paling gelap di tengah wabah."

Presiden juga mengunjungi rumah sakit Huoshenshan, fasilitas sementara yang selesai dalam 10 hari. Gambar dari kunjungannya menunjukkan presiden berbicara kepada staf dan pasien melalui tautan video.

Baca Selanjutnya: Penutupan 14 RS Darurat...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini