WHO: Belum Ada "Solusi Ajaib" untuk Covid-19 & Jalan Menuju Normalitas Masih Panjang

Selasa, 4 Agustus 2020 06:23 Reporter : Hari Ariyanti
WHO: Belum Ada Direktur WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. ©2020 AFP PHOTO/CHRISTOPHER BLACK/WORLD HEALTH ORGANIZATION

Merdeka.com - Badan Kesehatan Dunia (WHO) kemarin memperingatkan, kendati ada harapan besar terhadap vaksin, kemungkinan tak ada "solusi ajaib" untuk Covid-19, dan jalan menuju normalitas akan semakin panjang.

Lebih dari 18,14 juta orang di seluruh dunia dilaporkan terinfeksi virus corona dan 688.080 meninggal dunia, menurut data Reuters.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus dan Kepala Kedaruratan WHO, Mike Ryan mendesak semua negara untuk secara ketat menegakkan langkah-langkah kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak sosial, mencuci tangan dan melakukan tes Covid-19.

"Pesan kepada masyarakat dan pemerintah jelas: 'Lakukan segala upaya'," kata Tedros dalam konferensi pers virtual dari markas WHO di Jenewa, dikutip dari Hindustan Times, Senin (3/8).

Dia mengatakan, masker seharusnya menjadi simbol solidaritas di seluruh dunia.

"Sejumlah vaksin sekarang dalam fase uji coba klinis ketiga dan kita semua berharap bisa memiliki beberapa vaksin yang bisa membantu mencegah infeksi. Namun, tak ada 'solusi ajaib' saat ini dan mungkin tak akan pernah ada."

Ryan mengatakan, negara-negara dengan angka penularan tinggi, termasuk Brasil dan India, perlu bersiap untuk pertempuran besar.

"Jalan keluarnya panjang dan membutuhkan komitmen yang berkelanjutan."

Baca Selanjutnya: Investigasi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini