Wartawan Australia temukan bukti Grace Mugabe terlibat dalam penjualan gading ilegal

Senin, 26 Maret 2018 12:39 Reporter : Farah Fuadona
Wartawan Australia temukan bukti Grace Mugabe terlibat dalam penjualan gading ilegal Mantan Ibu Negara Zimbabwe Grace Mugabe. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Polisi Zimbabwe melakukan penyelidikan terhadap mantan Ibu Negara, Grace Mugabe atas tuduhan memimpin sindikat pembajakan dan penyelundupan gading gajah, emas, dan berlian dari negara itu.

Presiden Zimbabwe Emmerson Mnangagwa, yang menggantikan Robert Mugabe, telah menyetujui penyelidikan atas kegiatan Grace Mugabe setelah bukti kuat ditemukan oleh Adrian Steirn, seorang wartawan foto Australia.

Grace Mugabe, yang memegang kekuasaan signifikan dalam politik Zimbabwe hingga Robert Mugabe, suaminya, digulingkan dalam kudeta pada November lalu, disebut-sebut sebagai dalang dari operasi ilegal oleh dua orang yang diduga pemburu gelap yang kemudian ditangkap dalam penggerebekan polisi setelah mencoba menjual taring kepada Steirn.

Dilansir dari The Sydney Morning Herald, Senin (26/3) Grace Mugabe dikaitkan dengan perdagangan satwa liar berskala besar menyusul penyelidikan empat bulan oleh Steirn, yang berperan sebagai pelanggan ganja selundupan untuk menyusup ke jaringan penyelundupan dan perburuan.

Steirn mengatakan ia memutuskan untuk memulai penyelidikan setelah mendengar desas-desus tentang keterlibatan Grace Mugabe dalam perdagangan selama beberapa tahun melaporkan kejahatan terhadap satwa liar di Afrika. Setelah seorang pemburu bernamaLloyd, yang menghabiskan waktu lima tahun di penjara memberikan bukti awal yang memicu penyelidikan.

Zimbabwe adalah rumah bagi sekitar 86.000 gajah, populasi terbesar kedua di Afrika, menurut sensus tahun 2016. Angka itu mewakili penurunan 10 persen sejak 2005.

Sekitar 900 gajah hilang diburu antara 2013 dan 2016, hampir 250 dari mereka diracuni dengan sianida atau ditembak. [frh]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini