Warga Iran sambut gembira kesepakatan nuklir

Rabu, 15 Juli 2015 15:30 Reporter : Muhammad Radityo
Warga Iran sambut gembira kesepakatan nuklir Rakyat Iran sambut kesepakatan nuklir. ©BBC

Merdeka.com - Setelah perundingan 13 tahun, sanksi ekonomi terhadap Iran karena memiliki teknologi nuklir akhirnya resmi dicabut. Perwakilan enam negara dipimpin Amerika Serikat kemarin (14/7) di Kota Wina, Austria, menyetujui program nuklir Negeri Para Mullah asal terbukti untuk tujuan damai.

Penantian panjang yang berbuah manis ini sontak disambut masyarakat Iran dengan suka cita. Dikutip dari situs france24, Selasa, (14/7), kesepakatan nuklir ini akan berpengaruh terhadap harga makanan pokok yang turun, nilai mata uang akan naik, harga minyak turun dan tentunya lapangan pekerjaan akan terbuka lebih luas lagi.

Kegembiraan masyarakat Iran terlihat dari beberapa unggahan netizen di media sosial, seperti Instagram dan Twitter.

Akun bernama Mohsen Tanabandeh merayakan hal tersebut dengan melakukan 'selfie' berjamaah sambil memakan kue.

Pada unggahan lain, seperti dari @farzanyar mengunggah sebuah foto kalender dan menandainya sebagai hari bersejarah di Iran.

Namun ada juga netizen yang masih ragu akan keputusan ini, seperti disebutkan oleh seorang pegawai negeri di Teheran bernama Reza.

"Memang ini bagus untuk perekonomian Iran, namun yang saya khawatirkan adalah kelompok garis keras di Iran, bagaimana bila mereka melakukan aksi radikal untuk menentang keputusan ini? Saya terlalu pesimis akan hal tersebut terkait kesepakatan politik ini," ucapnya. [pan]

Topik berita Terkait:
  1. Iran
  2. Jakarta
  3. Nuklir
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini