Wapres tekankan Indonesia sebagai contoh negara demokrasi

Kamis, 7 Desember 2017 15:06 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Wawancara khusus Wapres Jusuf Kalla. ©2017 merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka Forum Demokrasi Bali (Bali Democracy Forum atau BDF) ke 10 di ICE BSD Serpong, Tangerang, Kamis (7/12). BDF tahun ini diikuti hampir 400 peserta, di antaranya 103 delegasi dari 96 negara dan 7 organisasi internasional.

Untuk pertama kalinya, BDF ke 10 juga menyelenggarakan Bali Democracy Students Conference (BDSC) sebagai upaya edukasi demokrasi kepada generasi muda.

"Keyakinan Indonesia bahwa demokrasi memberikan manfaat dan memberikan kesempatan bagi semua untuk berkontribusi. Indonesia adalah contoh bagaimana demokrasi dapat memberikan manfaat konkret bagi masyarakat berupa kemakmuran dan perdamaian," kata JK, di Tangerang, Kamis (7/12).

Menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, tema BDF ke 10 yakni "Does Democracy Deliver?" adalah tepat mengingat kekhawatiran global terkait sistem demokrasi dan kemampuannya untuk mengelola keberagaman, keamanan, kesetaraan, dan keadilan sosial.

Dalam BDF ke-10 ini, Sekjen PBB Antonio Gutteres mengatakan dalam video call, dia mengapresiasi BDF sebagai forum untuk berbagi pengalaman dan pembelajaran berdemokrasi melalui kerja sama dialog pada tataran regional dan global. [pan]

Topik berita Terkait:
  1. Wapres Jusuf Kalla
  2. Kemenlu RI
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.