Wamenlu: ASEAN-Rusia duduk bersama atasi masalah ekonomi dunia

Sabtu, 30 April 2016 13:21 Reporter : Ronauli Manondangi Margareth
Wamenlu: ASEAN-Rusia duduk bersama atasi masalah ekonomi dunia Ilustrasi ASEAN. © Eurovoix-world.com

Merdeka.com - Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan akan menghadiri KTT Rusia-ASEAN di Sochi, Rusia, pada 18 – 20 Mei 2016. Dalam pertemuan tingkat kepala negara ASEAN dan Rusia itu, Presiden Jokowi akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Menteri Luar Negeri RI A.M Fachir mengatakan KTT Rusia-ASEAN adalah upaya meningkatkan hubungan kerja sama ekonomi dunia.

"KTT Rusia ASEAN ini upaya kita meningkatkan kerja sama kita dengan Rusia," kata Fachir, di Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Sabtu (30/4).

Menurut dia, Rusia salah satu mitra penting ASEAN. Maka dari itu dengan adanya hubungan kerja sama ekonomi ini, dapat bersama-sama menangani permasalahan perekonomian dunia.

"Kerja sama ekonomi yang penting, seperti kita ketahui kondisi perekonomian dunia yang sekarang melemah. Ada keperluan untuk kita mencari cara-cara bersama untuk menangani problema ekonomi. Jadi lebih kesitu sih sebenarnya arahnya," ucap dia.

Tak hanya meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi, KTT Rusia-ASEAN ini juga akan membahas masalah maritim. Juru bicara Kemlu Arrmanatha Nasir, beberapa waktu lalu menyebutkan akan ada beberapa kesepakatan yang dihasilkan para kepala negara dalam pertemuan ini.

Kerja sama Rusia dan ASEAN memang telah terjalin cukup lama, dan juga terus berkembang hingga saat ini. Duta Besar Rusia untuk Indonesia Mikhail Galuzin menyebutkan pertemuan ini merupakan kesempatan bagi Rusia untuk memperkuat hubungan dengan negara anggota ASEAN di berbagai sektor. [ard]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini