Vladimir Putin: Vaksin Sputnik Bisa Diandalkan Layaknya Senapan Kalashnikov

Jumat, 7 Mei 2021 13:00 Reporter : Hari Ariyanti
Vladimir Putin: Vaksin Sputnik Bisa Diandalkan Layaknya Senapan Kalashnikov Vaksin Sputnik V. Russian Direct Investment Fund (RDIF)/Handout via REUTERS ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Rusia, Vladimir Putin menyebut vaksin Covid-19 Rusia atau vaksin Sputnik "dapat diandalkan seperti senapan serbu Kalashnikov". Hal itu disampaikan selama konferensi video pada Kamis dengan Wakil Perdana Menteri Tatyana Golikova.

Pernyataan itu dilontarkan ketika pejabat kesehatan negara itu mendaftarkan versi dosis tunggal dari vaksin Sputnik V pada Kamis, yang dijuluki Sputnik Light.

Perbandingan Putin merujuk pada senjata era Uni Soviet yang tetap populer dan banyak digunakan hingga saat ini.

Dia mengutip komentar yang awalnya dibuat oleh seorang dokter Austria awal tahun ini tentang kemanjuran suntikan vaksin tersebut.

Vaksin Sputnik V bekerja dengan cara yang mirip dengan vaksin lain yang dikembangkan oleh Oxford-AstraZeneca dan Janssen-Johnson & Johnson. Sputnik V menggunakan virus tipe dingin, yang direkayasa agar tidak berbahaya, sebagai pembawa untuk mengirimkan sebagian kecil virus corona ke tubuh.

Hasil uji coba tahap akhir menemukan vaksin ini menawarkan perlindungan tingkat tinggi terhadap Covid-19.

Versi suntikan dua dosis saat ini telah digunakan di berbagai negara di dunia.

Sputnik Light, versi sekali pakai atau dosis tunggal, secara resmi diizinkan di Rusia pada Kamis.

Dalam siaran pers, pembuatnya mengatakan satu dosis telah menunjukkan kemanjuran 79,4 persen selama peluncuran vaksin di negara itu.

"Resimen dosis tunggal memungkinkan imunisasi lebih banyak orang dalam kerangka waktu yang lebih pendek, melanjutkan perang melawan pandemi selama fase akut," kata pernyataan itu, dilansir BBC, Jumat (7/5).

Otorisasi dilakukan di tengah pertikaian internasional yang sedang berlangsung mengenai apakah hak paten harus dicabut pada teknologi vaksin untuk meningkatkan produksi. [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini