Virus Zika yang bahayakan ibu hamil resmi menyebar ke Eropa

Rabu, 27 Januari 2016 15:21 Reporter : Ardyan Mohamad
Virus Zika yang bahayakan ibu hamil resmi menyebar ke Eropa Ilustrasi Virus Zika. ©2016 Merdeka.com/Reuters/Jim Young

Merdeka.com - Kasus perdana penyebaran virus Zika telah terjadi di Eropa. Seorang pasien di Denmark dinyatakan positif terjangkit virus yang bisa memicu pengecilan dan kerusakan otak bayi itu.

Russian Times melaporkan, Rabu (27/1), warga Denmark itu adalah turis yang sempat mengunjungi beberapa negara di Amerika Latin. Untuk diketahui, virus Zika kini mewabah di Brasil, menyebabkan 3.500 kasus bayi lahir dengan kepala kecil (microcephaly) sepanjang tahun lalu.

Turis yang tidak dipaparkan detail jenis kelamin dan namanya ini mengeluh sakit kepala dan kelelahan, laiknya pengidap flu biasa. Ketika diperiksa lebih lanjut oleh dokter, ditemukan tanda-tanda berjangkitnya virus Zika.

Belasan kasus lain sudah dilaporkan di Italia, Spanyol, Inggris, dan Swiss selama tiga hari terakhir, namun masih perlu pengujian laboratorium lebih lanjut. Semua gejala Zika itu dialami oleh turis yang baru pulang dari kawasan Amerika Latin atau Karibia.

Virus Zika menular melalui nyamuk aedes aigypti, gejalanya sekilas mirip demam berdarah tapi tidak mematikan. Kabarnya, zika juga bisa berpindah melalui transfusi darah. Artinya hubungan seks juga bisa menjadi sarana virus tersebut semakin tersebar di muka bumi.

"Namun soal darah ini masih berupa dugaan. Perlu penelitian lebih lanjut," kata Marcio Nehab, peneliti di Insitut Penyebaran Penyakit Menular Rio de Janeiro, Brasil.

Zika kini menular ke lebih dari satu juta orang, dan kasus-kasusnya muncul di 20 wilayah Amerika Latin dan Kepulauan Samudera Pasifik, seperti Kolombia, El Salvador, Haiti, Honduras, Meksiko, Venezuela, dan Puerto Rico.

Dalam waktu dekat, WHO meyakini Zika menyebar di ke Amerika Utara. Dibanding lelaki, dampak bahaya dari virus ini lebih membahayakan ibu hamil. Sempat ada kekhawatiran massal perempuan di Brasil untuk menunda kehamilan selama Zika masih mewabah. [ard]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini