Hot Issue

Virus Corona Bisa Bertahan Hidup di Permukaan Uang Kertas, Layar HP Selama 28 Hari

Senin, 12 Oktober 2020 08:05 Reporter : Pandasurya Wijaya
Virus Corona Bisa Bertahan Hidup di Permukaan Uang Kertas, Layar HP Selama 28 Hari Virus Corona. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Para peneliti di Pusat Kesiapsiagaan Penyakit Australia (CSIRO) memperlihatkan virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19 masih bisa menularkan penyakit itu selama 28 hari ketika berada di permukaan uang kertas, layar ponsel, dan permukaan pegangan pintu, tangga, serta permukaan kaca lainnya. Temuan ini membuktikan virus corona sanggup bertahan lebih lama dibanding yang dikira sebelumnya.

Virus corona diketahui menyebar lewat batuk, bersin, atau ketika orang berbicara. Tapi para ahli mengatakan virus corona juga bisa menyebar melalui partikel kecil di udara, begitu juga di permukaan seperti besi tahan karat dan plastik.

Dilansir dari laman the South China Morning Post, Senin (12/10), para peneliti menyebut virus itu cukup kuat bertahan dan masih bisa menularkan di ruangan dengan suhu kamar sekitar 20 derajat Celcius. Dibandingkan dengan virus flu yang hanya mampu bertahan selama 17 hari untuk kondisi yang sama.

Hasil penelitian laboratorium sebelumnya menemukan virus corona bisa bertahan selama dua-tiga hari di uang kertas dan kaca, atau bisa sampai enam hari di permukaan plastik dan besi.

Baca Selanjutnya: Bertahan di hawa dingin...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini