Vietnam Ancam Tutup Facebook Akibat Tak Sensor Konten Anti-Pemerintah

Jumat, 20 November 2020 19:11 Reporter : Merdeka
Vietnam Ancam Tutup Facebook Akibat Tak Sensor Konten Anti-Pemerintah Facebook. © Dailymail.co.uk

Merdeka.com - Vietnam mengancam akan menutup Facebook jika tidak tunduk pada aturan pemerintah untuk menyensor lebih banyak konten politik lokal di platformnya.

Facebook memenuhi permintaan pemerintah Vietnam pada bulan April lalu untuk secara signifikan meningkatkan sensornya terhadap postingan “anti-pemerintah” yang dilakukan oleh pengguna lokal. Namun pada bulan Agustus, Vietnam kembali meminta pihak perusahaan untuk meningkatkan pembatasan unggahan terkait hal penting, kata pejabat senior di perusahaan media sosial raksasa AS itu.

“Kami sudah sepakat pada April, Facebook telah mematuhi semua permintaan dan kami berharap pemerintah Vietnam melakukan hal yang sama,” jelas pejabat tersebut yang enggan menyebutkan namanya, demikian dikutip dari Reuters, Jumat (20/11).

Menurutnya, salah satu ancaman adalah penutupan total operasional Facebook di Vietnam oleh pemerintah. Vietnam merupakan pasar utama perusahaan media sosial dengan perolehan pendapatan hampir USD 1 miliar (Rp 14 triliun), menurut dua sumber yang mengetahui angka tersebut.

Di Vietnam, meskipun keterbukaan terhadap perubahan sosial meningkat, Partai Komunis yang berkuasa tetap mempertahankan kontrol ketat atas media dan hanya sedikit mentolerir oposisi. Hal tersebut membuat Vietnam menempati urutan kelima dari bawah dalam peringkat kebebasan pers global yang disusun oleh Reporters Without Borders.

Baca Selanjutnya: Menanggapi pertanyaan Reuters Kementerian Luar...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Facebook
  3. Vietnam
  4. Ragam Konten
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini