Video Percobaan di Jepang Buktikan Betapa Cepatnya Virus Bisa Menyebar di Restoran

Rabu, 20 Mei 2020 03:24 Reporter : Hari Ariyanti
Video Percobaan di Jepang Buktikan Betapa Cepatnya Virus Bisa Menyebar di Restoran Ilustrasi restoran. ©Shutterstock/Denis Ponkratov

Merdeka.com - Sebuah video viral dari Jepang menunjukkan betapa cepatnya kuman dan virus menyebar di dalam restoran ketika hanya ada satu orang yang terinfeksi.

Eksperimen itu menirukan atmosfer di sebuah restoran berkonsep prasmanan atau di sebuah kapal pesiar. Percobaan dilaksanakan kantor berita NHK bekerja sama dengan pakar kesehatan.

Dilansir dari CNN, Selasa (19/5), video menampilkan 10 orang memasuki restoran, dengan satu orang yang berperan sebagai orang yang "terinfeksi".

Zat untuk menandai kuman dari paparan bersin atau batuk hanya terlihat di bawah cahaya hitam yang didekatkan ke tangan orang tersebut. Setiap peserta kemudian tetap melakukan prasmanan seperti biasanya, tidak mempertimbangkan potensi kontaminasi.

Di akhir video, para peserta ditempatkan di bawah cahaya hitam yang menerangi di mana "infeksi" telah menyebar.

Zat tersebut, yang digunakan untuk menandakan kuman, terlihat pada makanan, alat saji dan piring-piring, dan bahkan pada wajah beberapa peserta.

Jepang mengonfirmasi 16.049 kasus Covid-19 dan 678 kematian, berdasarkan data Universitas John Hopkins. Lebih dari 4,3 juta kasus Covid-19 tercatat di seluruh dunia, termasuk sedikitnya 297.000 kematian.

Baca Selanjutnya: Pentingnya Cuci Tangan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini