Video Langka Militan ISIS di Penjara Suriah Menunggu Diadili

Selasa, 17 Desember 2019 15:09 Reporter : Hari Ariyanti
Video Langka Militan ISIS di Penjara Suriah Menunggu Diadili Militan ISIS mendekam di penjara Suriah. ©AFP/FADEL SENNA

Merdeka.com - Sebuah video baru yang dirilis pada Senin menunjukkan ribuan pria tersangka anggota ISIS tengah menunggu untuk diadili di Penjara Pusat Hasakah, yang dikendalikan Pasukan Demokratis Suriah (SDF).

Dalam video yang tak pernah ditayangkan sebelumnya dari dalam penjara yang diambil pada Senin (2/12) lalu, para tahanan terlihat memakai pakaian warna jingga duduk di atas tikar di dalam sebuah sel yang sesak sementara pasukan SDF menjaga mereka.

Menurut seorang tahanan dari Irak, Abdul Rahman, penjaga mengizinkannya melukis di dalam selnya.

"(Lukisan ini) tentang pikiran seorang tahanan, di sini hitam merepresentasikan kegelapan," jelasnya, dilansir dari laman Almasdar, Selasa (17/12).

"Di sini dia ingin membebaskan diri tapi dia tidak bisa mengambil kunci dan dia perlu bantuan sama seperti saya yang dipenjara dan partai (SDF) menolong saya, memberi saya peralatan untuk melukis," jelasnya.

Sekitar 5.000 tahanan dari 54 negara ditahan dalam penjara tersebut, beberapa dari mereka masih remaja. Penjara Pusat Al Hasakah dan fasilitas penahanan lainnya di timur laut Suriah merupakan pusat pertempuran antara Washington dengan sekutu Eropanya, yang belum menemukan solusi untuk menuntut para tahanan yang berasal dari negara-negara Barat.

Menurut Pentagon, dari sekitar 10.000 tersangka ISIS yang ditahan SDF di wilayah itu, sekitar 8.000 berasal dari Irak dan Suriah. Kendati Departemen Luar Negeri AS menolak menyebutkan berapa banyak tahanan dari Eropa, mereka diperkirakan berjumlah ratusan menurut beberapa laporan.

Video tersangka ISIS di dalam penjara:

Baca Selanjutnya: Turki Deportasi Anggota ISIS ke...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini