Venezuela Sambut Kedatangan Kapal Minyak Iran Untuk Atasi Krisis BBM

Selasa, 26 Mei 2020 17:09 Reporter : Hari Ariyanti
Venezuela Sambut Kedatangan Kapal Minyak Iran Untuk Atasi Krisis BBM kapal minyak iran tiba di venezuela. ©AFP

Merdeka.com - Sebuah kapal tanker minyak bernama "Fortune" berlayar ke Venezuela dari Iran, kapal pertama dari lima kapal yang diperkirakan tiba di negara yang mengalami kekurangan BBM. Kedatangan kapal minyak Iran disambut baik pejabat pemerintah pada Senin.

Langkah tersebut merupakan bukti kuatnya hubungan ekonomi antara Venezuela dan Iran, dua negara yang mendapat sanksi dari pemerintah Amerika Serikat. Perwakilan dari kedua negara melakukan transaksi sebagai tanda kekuatan.

"Terima kasih Iran," kata pemimpin Venezuela, Nicolás Maduro di Twitter pada hari Minggu.

"Hanya persaudaraan masyarakat bebas yang akan menyelamatkan kita," imbuhnya, dilansir dari The New York Times, Selasa (26/5).

Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Morgan Ortagus, mengkritik langkah tersebut, menuduh pemerintah Maduro sebagai "organisasi kriminal" yang menggunakan emas yang diperoleh secara ilegal untuk membeli bahan bakar dari Teheran. Tetapi dia tidak mengatakan apakah AS akan berusaha untuk memblokir pengiriman, atau apakah akan menanggapi dengan sanksi lebih lanjut pada kedua negara.

"Venezuela membutuhkan pemilihan presiden yang bebas dan adil yang mengarah ke demokrasi dan pemulihan ekonomi," katanya, "bukan kesepakatan mahal Maduro."

Baca Selanjutnya: Venezuela butuh BBM Iran butuh...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Venezuela
  3. Iran
  4. Minyak Dunia
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini