Vaksin Cacar Monyet akan Diproduksi Selama 24 Jam karena Tingginya Permintaan

Selasa, 26 Juli 2022 19:32 Reporter : Hari Ariyanti
Vaksin Cacar Monyet akan Diproduksi Selama 24 Jam karena Tingginya Permintaan ilustrasi vaksin cacar monyet. ©REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

Merdeka.com - Bavarian Nordic A/S, satu-satunya perusahaan farmasi yang vaksin cacar monyetnya mendapatkan izin, menyampaikan sedang mempersiapkan produksi vaksin cacar monyet yang akan berlangsung selama 24 jam karena tingginya permintaan. Permintaan vaksin ini melonjak setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan cacar monyet sebagai darurat kesehatan global.

Menurut data WHO, kasus cacar monyet saat ini sekitar 17.000 yang dilaporkan di 74 negara.

"Apa pun permintaan yang akan kami hadapi, kami berharap dapat memenuhinya dengan sumber daya kami sendiri," jelas kepala hubungan investor Bavarian Nordic A/S, Rolf Sass Sorensen, dikutip dari laman TIME, Selasa (26/7).

"Salah satu solusi yang sangat mudah adalah menjalankan fasilitas produksi kami sepanjang malam dan merekrut lebih banyak orang untuk bekerja secara bergiliran."

Perusahaan vaksin asal Denmark ini bisa memproduksi 30 juta dosis per tahun dan sejauh ini belum menolak pesanan dari pemerintah berbagai negara.

Sorensen mengatakan, perusahaannya telah menerapkan jam operasional yang lebih lama saat ini dan kerja lembur akan meningkatkan produksi di atas 30 juta dosis.

Sebelumnya pada Senin, Bavarian Nordic menyampaikan vaksin Imvanex mereka memiliki izin untuk cacar monyet dan penyakit lain yang disebabkan virus vaksinia di Eropa. [pan]

Baca juga:
Menko PMK Perintahkan Menkes Antisipasi Wabah Cacar Monyet
Mengenali Gejala dan Bagaimana Penyebaran Cacar Monyet
Menkes Budi: Vaksin Cacar Efektif Lindungi dari Risiko Cacar Monyet
AS Yakin Bisa Hentikan Penyebaran Cacar Monyet
WHO Nyatakan Wabah Cacar Monyet Darurat Global, Masyarakat Diminta Waspada
WHO Umumkan Cacar Monyet sebagai Darurat Kesehatan Dunia

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini